Wartawan Komit Sajikan Berita Good Jurnalisme, HD dan Forkompinda Ajak Bersatu Perang Covid-19

Wartawan Komit Sajikan Berita  Good Jurnalisme, HD dan Forkompinda Ajak Bersatu Perang Covid-19

Palembang, Extranews — Wartawan, pers dan media yang berperan dan bertugas menyampaikan informasi ke publik komit dan sepakat menyampaikan konten berita yang positif dan good jurnalism. Secara personal Wartawan akan waspada dan menjaga keamanan bagi dirinya dengan mengikuti SOP dan protokol kesehatan. Sebaliknya, Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Forkompinda siap bersinergi dengan pers untuk bersatu perang terhadap pencegahan dan penanganan bahaya covid-19. 

Hal itu menjadi benang merah dalam diskusi virtual online antara pemimpin media dan pimpinan organisasi Wartawan serta Gubernur dan Forkompinda Sumsel, Rabu (1/4). 

BACA JUGA INI:   Alya Sukses Meraih Medali Emas

Diskusi yang dimoderatori oleh Firdaus Komar yang juga Ketua PWI Sumsel berlangsung lebih kurang dua jam melalui aplikasi zoom meeting. 

Diskusi langsung dibuka oleh Firdaus dan menurut Firdaus diskusi ini lanjutan dari pokok pokok pikiran yang telah disepakati oleh beberapa organisasi Wartawan dan pemimpin perusahaan media. Sebelumnya ada 25 poin kesepakatan yang disampaikan ke pemerintah, perusahaan media dan masyarakat. Karena menurut Firdaus penanganan dan pencegahan covid-19 adalah tanggung jawab bersama termasuk peran serta masyarakat. 

Beberapa pokok atau point diskusi yang disampaikan peserta di antaranya memaksimalkan peran dan fungsi juru bicara yang sangat ini berjumlah empat orang dan gugus tugas yang telah dibentuk dan perlu dibuat sampai ke tingkat pemerintahan paling bawah . Selain itu perlu dilakukan pengetatan titik pintu masuk Sumsel termasuk di Bandara, jalur tol dan jalur sungai atau laut, bahkan Pemprov yang telah menganggarkan bujet Rp 120 miliar, perlu ditambah melalui dukungan berbagai kelompok kepentingan dan DPRD Sumsel.  Seluruh Forkompinda menyampaikan progres berkaitan dengan sinergi yang telah dan akan dilakukan. Hadir pada acara diskusi  selain Gubernur Sumsel, Herman Deru, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP M Hum , Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto MM, Kejati Sumsel Dr Wisnu Broto, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati. 

BACA JUGA INI:   Kasus Masjid Sriwijaya, Selain Alex juga Jimly Dipanggil Kejati

Herman Deru menyambut apresiasi diskusi yang diinisiasi wartawan ini dan sekaligus Deru menanggapi persoalan yang dilemparkan oleh pa serta diskusi. Deru mengapresiasi dan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk menjadikan Pemprov Sumsel sebagai pusat Gugus Tugas penanganan dan pencegahan Covid-19. Deru juga setuju untuk tidak melakukan konferensi pers dan untuk menjaga fisical distancing. Deru juga mengungkapkan dari improvisasi anggaran sudah disiapkan sekitar 120 miliar untuk menangani pencegahan covid 19 dan pihak nya mohon dukungan semua pihak termasuk dengan media untuk bersama memerangi ancaman virus covid-19 ini. fk 

Komentar