Pasang Iklan Murah Meriah

Waaster Kasdam II/Sriwijaya Melihat Peninggalan Senjata Dari Kesultanan Palembang Darussalam

Waaster Kasdam II/Sriwijaya Melihat Peninggalan Senjata Dari Kesultanan Palembang Darussalam
Waaster Kasdam II/Sriwijaya Letkol Inf Erwinsyah Taufan bersillaturahmi ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Sultan M. Mansyur No.776, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Kamis (21/3/2024).

PALEMBANG, ExtraNews – Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasdam II/Sriwijaya Letkol Inf Erwinsyah Taufan bersillaturahmi ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Sultan M. Mansyur No.776, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Kamis (21/3/2024).

Kedatangan Letkol Inf Erwinsyah Taufan yang juga seorang pecinta benda pusaka, ini diterima langsung oleh Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn didampingi R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir.

Menurut Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn , kedatangan Letkol Inf Erwinsyah Taufan ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam untuk melihat peninggalan dari Kesultanan Palembang Darussalam terutama senjata-senjata lama yang dimiliki Kesultanan Palembang Darussalam.

“ Karena di kami ada beberapa barang-barang lama yaitu keris, pedang, tombak, badik dan senjata-senjata lama yang ternyata saya juga tidak menyangka bahwa beliau orang yang sangat berilmu mengenai senjata-senjata kuno ini, jadi beliau juga bisa mengetahui bentuk , nilai dan pada zaman mana senjata-senjata ini dibuat dan mengetahui buatan mana, beliau ternyata memiliki ilmu yang cukup hebat,” katanya.

BACA JUGA INI:   Sultan Palembang Jalin Kerjasama Kegiatan Dengan ABRI-1 DPW Sumsel

Senjata-senjata kuno yang dimiliki Kesultanan Palembang Darussalam menurut SMB IV kisarannya 30 hingga 50 buat diantaranya keris, pedang, tombak, badik dan senjata-senjata lama lainnya.

“ Tadi kita juga lihatkan ada hampir 15 keris dan beberapa tombak yang bisa dilihat ,” katanya.

SMB IV berharap kedepan banyak tokoh-tokoh seperti Letkol Inf Erwinsyah Taufan yang mencintai dan mengetahui nilai-nilai benda-benda tradisional seperti keris dan benda kuno lainnya.

“ Ternyata Letkol Inf Erwinsyah Taufan ini ternyata berkompeten menilai senjata-senjata tradisional dan beliau juga memberikan saran ke kita bagaimana cara merawat benda-benda kuno ini , saya harapannya kedepan orang-orang seperti beliau banyak lagi dan bisa berkontribusi dan mengembangkan sejarah dan budaya yang ada di Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya.

BACA JUGA INI:   Ketua MSI Pusat Tanggapi Soal Polemik Aset Balai Pertemuan Cagar Budaya Palembang

Sedangkan Letkol Inf Erwinsyah Taufan mengaku kedatangannya ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam dalam rangka silaturahmi.

“ Saya waaster kunjungan ke tokoh masyarakat ini dalam program kerja di territorial itu ada interaksi sosial dengan keluarga tentara dan tokoh-tokoh masyarakat , hari ini saya melakukan itu dalam rangka silaturahmi dan kedua kita berdiskusi terkait benda-benda bersejarah tadi kami melihat benda bersejarah koleksi pak Fauwaz kemudian melihat koleksi senjata-senjata pusaka dan alhamdulilah beberapa koleksi beliau ini menurut saya koleksi yang sangat bagus yang perlu perawatan dan pelestarian,” katanya.

Dia berharap benda-benda bersejarah milik Kesultanan Palembang Darussalam ini bisa di kenang dan diabadikan dan bisa diturunkan ke anak cucu.
“ Bahwa kebesaran Kesultanan Palembang Darussalam ini bukan hanya isapan jempol dan bukan cerita fiktif tapi memang ditinggalkan dalam bentuk benda-benda yang bisa dijadikan kenangan bagi anak-anak kita kedepan,” katanya. (rel)

BACA JUGA INI:   10 Prajurit Korem 043/Gatam Diturunkan Di Woodball Piala Gubernur Cup 2023