Pasang Iklan Murah Meriah

Viral! Video Oknum Polisi Beking Tambang Mengaku Setor Uang Rp6 Miliar ke Kabareskrim Polri

Viral! Video Oknum Polisi Beking Tambang Mengaku Setor Uang Rp6 Miliar ke Kabareskrim Polri '
kolase foto/istimewa

JAKARTA, ExtraNews – Bau tak sedap kembali tercium dari Mabes Polri. Kali ini datang dari pernyataan seseorang yang mengaku bernama Aiptu Ismail Bolong. Pengakuan Ismail tengah viral dan jadi perbincangan publik lantaran dalam pernyataannya dia mengeklaim telah menyetorkan uang miliaran rupiah kepada Kabareskim Polri Komjen Pol Agus Andrianto untuk bisnis tambang ilegal di Kalimantan Timur.

Dalam video berdurasi 2 menit 17 detik itu, Ismail Bolong menyebut dirinya sebagai pengepul konsesi tambang batubara ilegal di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang merupakan wilayah hukum Polres Bontang.

“Terkait adanya penambangan batu bara di wilayah Kalimantan Timur, bahwa benar saya bekerja sebagai pengepul batubara dari konsesi tanpa izin dan kegiatan tersebut tidak dilengkapi surat izin penambangan, ” ucap Ismail Bolong dalam video tersebut.

BACA JUGA INI:   Jubir Umumkan 34 Kodap TPNPB-OPM Bakal Gelar Upacara Kemerdekaan Papua Pada 1 Juli Besok

“Dalam kegiatan pengepulan ini tidak ada perintah dari pimpinan, melainkan atas inisiatif pribadi saya. Oleh karena itu saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas tindakan yang saya lakukan,” sambung Ismail.

Tak main-main, keuntungan yang diraup Ismail Bolong dalam usaha pengepulan tambang batu bara ilegal itu mencapai kisaran Rp5 miliar hingga Rp10 miliar per bulannya. Sejak bulan Juli 2020 – November 2021.

Selama melakukan pengepulan konsesi batu bara ilegal, ia juga mengakui jika dirinya telah berkoordinasi dengan Kabareskim Polri Komjen Agus Andrianto dan diduga guna melindungi aktivitas penambangan tersebut.

Bahkan, ia mengungkapkan telah menyetorkan uang sebesar Rp6 miliar sebagai bentuk koordinasi kegiatan tersebut.

BACA JUGA INI:   Pemkab dan Forkopimda Muba Ikuti Rakor Lintas Sektor Ops Ketupat Musi 2023

“Terkait kegiatan yang saya laksanakan, saya sudah berkoordinasi dengan Kabareskrim, yaitu ke Bapak Komjen Pol Agus Andrianto dengan memberikan uang sebanyak tiga kali. Yaitu pada bulan September 2021 sebesar Rp2 miliar, bulan Oktober 2021 sebesar Rp2 miliar, dan bulan November 2021 sebesar Rp2 miliar,” sebut Ismail.

“Uang tersebut saya serahkan langsung kepada Komjen Pol Agus Andrianto di ruang kerja beliau setiap bulannya, sejak bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Agustus yang saya serahkan langsung ke ruangan beliau.” tambahnya.

Tak cuma kepada Agus, Ismail Bolong mengaku juga menyetorkan uang kepada pejabat reserse Polres Bontang. “Saya pernah memberikan bantuan sebesar Rp 200 juta pada bulan Agustus 2021 yang saya serahkan langsung ke Kasatreskrim Bontang AKP Asriadi di ruangan beliau,” katanya.

BACA JUGA INI:   Tak Ragu 'Potong Kepala', Kapolri Copot 7 Pejabat Polisi