oleh

Vaksinasi Massal Pedagang di Pasar Inpres Kabupaten Muara Enim

Muara Enim, ExtraNews – Guna terus melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 di kawasan pasar, Kodim 0404 Muara Enim bekerjasama Rumah sakit Bantuan (Rumkitaban) 02.09.01/ME serta Pemkab Muara Enim, menggelar Vaksinasi massal khusus untuk para pedagang di Pasar Inpres kota Muara Enim pada Minggu (14/11/2021).

Pantauan di lapangan Program Serbuan Vaksinasi TNI AD tampak antusias di sambut masyarakat dengan bukti serbuan masyarakat yang mendatangi gerai vaksinasi tersebut. Hal tersebut, tidak lepas dari upaya pendekatan secara humanis yang ditekankan oleh Kodim 0404/ME bersama pihak terkait yang terus mengedukasi masyarakat, khususnya pedagang pasar jika vaksin Covid-19 aman dan halal.

“Kami melakukan berbagai cara pendekatan humanis kepada masyarakat, termasuk para pedagang pasar. Kalau sudah disuntik vaksin, tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan agar dapat meminimalisir penularan Virus Corona untuk menciptakan herd immunity terutama dilinkungan pasar yang rentan penularan,” ujar Dandim 0404 Letkol Inf Erwin Iswari SSos MTr (Han) melalui Kordinator Lapangan Vakisnasi TNI AD Peltu Banu, di sela-sela vaksinasi.

Menurut Banu, upaya ini untuk mencapai target vaksinasi 70 persen dalam mencapai herd immunity secepatnya. Saat ini, kata dia, capaian vaksinasi yang telah dilakukan oleh Kodim 0404 Muara Enim sebanyak 53.952 dosis per tanggal 13 November 2021, sedangkan target dari Sumsel untuk Kabupaten Muara Enim minimal 450.276 dosis. “Hari ini, kita targetkan 500 dosis Sinovac. Mudah-mudahan semuanya habis. Sampai saat ini, sudah 300 dosis yang terpakai,” ujarnya.

Masih dikatakan Peltu Benu, tujuannya mereka jemput bola menyasar khusus pedagang karena mereka sibuk berdagang, jika mereka vaksin tentu mereka rugi sehari kalau tidak berdagang. Jadi kita jemput bola ke pasar, sehingga mereka meski di vaksin masih tetap berdagang karena tidak terlalu meninggalkan lapak dagangannya.

Kepala Rumkitban 02.09.01 Muara Enim Kapten CKM Darma Putra bahwa pihaknya sifatnya membantu untuk tenaga kesehatannya. Dan dirinya berharap dengan kegiatan jemput bola ke para pedagang ini bisa mempercepat vaksinasi program Serbuan Vaksinasi TNI AD sehingga bisa secepatnya menciptakan herd immunity bagi masyarakat terutama para pedagang.

Sementara itu, Ani (45) salah peserta vaksinasi, mengucapkan banyak terimakasih dengan adanya program ini sebab sangat membantu mereka terutama para pedagang. “Kalau seperti ini, kami bisa bergantian dagangnya pak,” kata Ani. [NH]

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya