Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini

Upaya Cetak Humas dan Jurnalis Handal, Dinkominfo Muba Gelar Pelatihan

Upaya Cetak Humas dan Jurnalis Handal, Dinkominfo Muba Gelar Pelatihan

MUBA-SUMSEL, ExtraNews – Perkembangan teknologi dan informasi saat ini menuntut semua orang untuk bisa terlibat didalamnya. Sehingga diperlukan peningkatan kapasitas terkhususnya bagi yang mengelola informasi atau kehumasan. Artinya peran humas ini sangat penting sebagai sumber informasi terpercaya, yang semakin terasa pada era globalisasi.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba, mengadakan Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik pada Kegiatan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik dan Memperhatikan Peraturan Bupati Musi Banyuasin No.95 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi.

Kegiatan pelatihan kehumasan dan jurnalistik, dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs H Yusuf Amilin, Kamis (3/11/2022) bertempat di Pusat Belajar Guru Kabupaten Musi Banyuasin.

BACA JUGA INI:   Pj Bupati Muba Tinjau Progres Pembangunan RTLH di Rantau Sialang

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs H Yusuf Amilin mengatakan, humas merupakan segala bentuk sarana, saluran, channel (media) dengan tujuan agar informasi dapat terpublikasi dengan baik. Kehumasan dan jurnalistik tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam hal menyebarluaskan informasi.

Adapun salah satu peran penting humas ialah, mencipatakan citra baik organisasi, ia dituntut untuk bisa mengedukasikan ke khalayak tentang kelebihan dan keungglan sebuah instansi/lembaga yang berada didalam naungannya.

“Untuk menjalankan tugas kehumasan, bagian humas harus mengelola dan mendesain sebuah berita sesuai dengan aturan juga diperlukan estetika didalamnya.
Dalam menjalankan tugasnya kehumasan harus benar-benar netral, transparan dan independen, karena tugas dan fungsi kehumasan sesungguhnya adalah mengkomunikasikan apa yang terjadi untuk dapat disampaikan kepada masyarakat umum,”tuturnya.

BACA JUGA INI:   Lepas Kontingen Porseniwada, PJ Bupati Minta PWI Muba Jaga Kekompakan dan Harumkan nama Kabupaten 

Pada kesempatan ini, Yusuf Amilin juga mengajak semua peserta untuk dapat mengikuti pelatihan kehumasan dan jurnalistik dengan baik. “Karena dengan mengikuti kegiatan ini peserta memiliki modal ilmu untuk mempublikasikan sebuah informasi kepada publik, sekaligus bisa membuat berita yang dapat diterima dengan baik dan bertanggungjawab kepada masyarakat,”ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Yettria SKM MSi menyampaikan, kegiatan pelatihan kehumasan dan jurnalistik dilaksanakan selama 2 hari yang dari tanggal 3 November – 4 November 2022. Peserta yang hadir berjumlah kurang lebih 80 orang yang merupakan dari Organisasi Perangkat Daerah, Bagian, Kecamatan, anggota TP PKK, anggota Darma Wanita, dan rekan-rekan jurnalistik serta organisasi pers.

BACA JUGA INI:   Surprise Di Hari Ulang Tahun Ketua PWI Lahat