oleh

Tradisi Nanggok di Lahat Masih Ada

Budaya “Nanggok” Masih Kental Di Lahat

Lahat,Extranews – Warisan Budaya tak terlihat bahkan hampir punah,di Kabupaten Lahat masih sangat banyak, yang tersebar di beberapa Kecamatan diantaranya, Pantauan, Naskah Kuno, Rumah Adat, Tari daerah, Lagu Daerah, Pakaian Daerah, Petatah Petitih, Nangguk, Bekarang, Benda Panggilan, Lemangan, dan masih banyak yang lainya. Beberapa warisan Budaya Takbenda (WBTB) tersebut masih bertahan dan ada juga yang sudah terancam punah.

Dalam upaya melestarikan WBTB tersebut Minggu (11/04) dilakukan kegiatan “Nanggok” bersama yang dilaksanakan di Tebat Lempaung Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Nanggok merupakan menangkap ikan secara tradisional yang dilakukan bersama- sama masyarakat Desa baik tua maupun muda, Laki-l aki dan Perempuan semua berbaur turun bersama ke tebat. Berbagai peralatan menangkap ikan digunakan seperti tangkul, pesap, jale, sehekap dan sanggi.

Berita Terkait!:   TMMD 110 Kodim 0813 Bojonegoro Resmi Ditutup

Dalam kegiatan ini Bupati Lahat Cik Ujang, SH melempar Jale sebagai tanda dimulainya acara Nanggok, dan dihadir, Pj Seketaris Daerah (Sekda) Lahat Drs. Deswan Irsyad, MPdi, Stafsus Bupati, aAnggota DPRD Dapil 2 Andi Sucitera, OPD, Camat Merapi Timur, Camat Merapi Barat, Danramil Merapi Kapten Sudarno, Kapolsek Merapi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya.

Bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyampaikan tradisi dari Nenek Moyang Nanggok ini, sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu, untuk itu tradisi ini jangan sama hilang dan terus dilestarikan jangan termakan oleh zaman.

“Untuk tahun ini Pemkab Lahat melalui APBD melakukan pembangunan Sapras berupa Dermaga, Pondok/Gazebo, Taman dan sebagainya. InsyaAllah Tebat Lempaung tahun ini akan menjadi destinasi Wisata, “ungkapnya. Ahmad

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya