oleh

TMMD Kodim Bojonegoro, Ini Manfaat Tanaman Porang

Bojonegoro – Salah satu personil satgas TMMD ke-110 Kodim 0813/Bojonegoro membantu warga yang sedang melaksanakan penanaman Porang dilingkungan rumah mereka untuk bisa menambah penghasilan ekonominya.

Seperti yang dilakukan Yadi (56) bersama personel Satgas TMMD Kopda Anang Yuni yang melaksanakan penanaman Porang secara bersama sama dan juga menjelaskan manfaatnya.

Dijelaskan bahwa Tanaman yang memiliki aroma tak sedap ini ternyata sudah banyak digunakan sejak jaman pendudukan Jepang. Tanaman porang banyak digunakan untuk logistik dan industri pangan. Kini, tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai bahan pembuatan tepung, nasi, dan mi shirataki.

Selain digunakan sebagai bahan pangan, tanaman porang juga banyak digunakan sebagai bahan baku pelapis anti air, cat, pengental, negatif film, bahan baku lem, kosmetika, hingga pita seluloid.

“Hal ini dikarenakan dalam tanaman porang memiliki senyawa glukomanan yang dapat merubah masa kental dalam air dan bisa membentuk gel,” terang Kopda Anang Yuni. (Pendim 0813)

Komentar