oleh

Tantangan untuk Wartawan, Ayo Ikut Lomba Jurnalistik

HPN XLVII Dan HUT ke-75 PWI Sumsel Di Banyuasin

Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2021

“Kebangkitan Museum Negeri Sumatera Selatan dan Museum-Museum di Sumatera Selatan Sebagai Sarana Rekreasi dan Edukasi Kultural dari Pandemi Covid-19”

 

Palembang, Extranews —- Dalam rangka mengapresiasi insan pers, Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa kembali menggelar Lomba Karya Jurnalistik 2021. Sama seperti tahun sebelumnya, Lomba Karya Jurnalistik ini juga bertujuan mendorong para jurnalis untuk terus melahirkan karya berkualitas, khususnya terkait keberadaan Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa serta museum-museum lainnya di Sumatera Selatan.

“Kehadiran media sangat penting bagi kami dalam menyampaikan informasi dan berita sesuai dengan fakta yang ada. Melalui ajang perlombaan yang kali kedua ini kami ingin memberikan penghargaan bagi rekan-rekan media yang telah mempublikasikan segala aktifitas Museum Negeri Sumatera Selatan serta museum-museum lainnya di Sumatera Selatan,” tutur Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, H Chandra Amprayadi SH dalam keterangan pers, Kamis (06/05/2021).

Chandra menambahkan, Lomba Karya Jurnalistik 2021 ini digelar untuk memotivasi insan pers dalam membuat karya yang komprehensif. Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa juga ingin mendorong para jurnalis untuk menjaga kaidah jurnalistik yang benar, faktual, independen dan mendalam sehingga menghasilkan informasi yang proporsional kepada masyarakat.

Dalam peringatan Hari Museum Nasional yang diperingati setiap 12 Oktober, Lomba Karya Jurnalistik 2021 mengusung tema ‘Kebangkitan Museum Negeri Sumatera Selatan dan Museum-Museum di Sumatera Selatan Sebagai Sarana Rekreasi dan Edukasi Kultural dari Pandemi Covid-19‘. Dan tema Lomba Karya Jurnalistik ini terbagi dalam tiga kategori topik antara lain Inovasi Pelayanan Museum Negeri Sumatera Selatan dan Museum-Museum di Sumatera Selatan di Tengah Pandemi Covid- 19; Penyegaran Tampilan Museum Negeri Sumatera Selatan dan Museum-Museum di Sumatera Selatan Menyesuaikan Protokol Kesehatan; Peran dan Tanggung Jawab Museum Negeri Sumatera Selatan dan Museum-Museum di Sumatera Selatan Dalam Penyelamatan Aset Bersejarah di Sumatera Selatan.

Melalui tema ini, Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa mengajak jurnalis untuk mengangkat informasi mengenai permuseuman di Sumatera Selatan, termasuk salah satunya Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa dalam memberikan wahana rekreasi sekaligus sarana edukasi kultural bagi masyarakat.

Untuk menjadi peserta Lomba Karya Jurnalistik 2021 Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, peserta bisa mendaftar selambat-lambatnya 30 Juni 2021 dengan mengisi formulir di link, Klik: Formulir Peserta Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2021    Selanjutnya, peserta menyerahkan hasil karyanya ke email/nomor WhatsApp (WA) yang sudah ditentukan hingga batas waktu 31 Oktober 2021.

Sebagai informasi, dalam Lomba Karya Jurnalistik 2021 Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa terdapat 5 kategori karya jurnalistik yang dilombakan yaitu :

1. hard news/feature media cetak,
2. hard news/feature media online,
3. foto esai/tunggal,
4. video channel youtube media
5. Media Massa Paling Aktif Memberitakan Museum Negeri Sumatera Selatan dan Museum-Museum yang ada di Sumatera Selatan.

Adapun karya tersebut merupakan karya yang telah ditayangkan pada media dalam rentang waktu 1 Januari 2021 – 31 Oktober 2021.

Untuk kategori 1, 2, 3 dan 4 akan dipilih tiga (3) karya terbaik dan kategori 5 akan dipilih 1 (satu) juara favorit yang semuanya diumumkan pada puncak perayaan Hari Museum Nasional di Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa yang insyaa Allah diselenggarakan 12 November 2021 mendatang. Terdapat hadiah uang tunai dengan total Rp 32,5 juta.

Lomba Karya Jurnalistik 2021 Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa ini terbuka untuk jurnalis media cetak dan online dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang tercantum. Kriteria peserta lomba cukup mudah. Peserta lomba adalah wartawan berkewarganegaraan Indonesia yang bekerja di media cetak dan media online, di Sumatera Selatan dibuktikan dengan tanda pengenal wartawan.

Karya jurnalistik dikirimkan melalui Grup WA “Lomba Karya Jurnalistik 2021”) yang sudah ditentukan oleh panitia lomba disertai dengan scan KTP, scan Press ID, dan scan bukti pemuatan berita di media cetak lengkap dengan keterangan edisi, hari, tanggal dan halaman, atau link bukti pemuatan berita di media online dan channel youtube, dengan subjek Lomba Karya Jurnalistik 2021 Museum Negeri Sumatera Selatan. Untuk karya foto agar dikirimkan foto asli selain bukti pemuatan berita foto, dengan resolusi minimal 300 dpi dengan sisi terpanjang 3000 pixel. Peserta boleh mengirimkan maksimal tiga karyanya.

“Kami berharap ajang Lomba Karya Jurnalistik ini dapat semakin mendekatkan Museum Negeri Sumatera Selatan dengan rekan-rekan media, mempererat hubungan yang telah terjalin dan membangun kemitraan yang lebih baik lagi ke depannya. Kami mengundang seluruh rekan-rekan jurnalis baik tulis dan foto, serta konten kreator di seluruh Sumatera Selatan untuk ikut berpartisipasi dalam ajang lomba ini,” tutup H Chandra Amprayadi SH.

Bagi rekan media berencana untuk wawancara dan atau membuat janji temu untuk keperluan foto, dapat mengirimkan daftar pertanyaan beserta nomor kontak jurnalis yang dapat dihubungi. Atau untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan Lomba Karya Jurnalistik 2021 Museum Negeri Sumatera Selatan silakan menghubungi narahubung 0897-8940-000 (Venty).

Bagus DiBaca Juga:   Pameran Pers di Museum Monumen Pers Solo

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya