Tahun Ini, DPRD Kabupaten Ogan Ilir Ajukan 5 Raperda Inisiatif untuk Dibahas

Inderalaya, Extranews —- DPRD Kabupaten Ogan Ilir, mengajukan lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk dibahas tahun 2024 ini.

Juru bicara Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Rizal Mustofa mengatakan, lima Raperda tersebut telah disetujui.

“Kita sudah lakukan Paripurna untuk persetujuan pembahasan Perda, beberapa waktu lalu,” ungkapnya, Kamis, 8 Februari 2024.

Adapun kelima Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Ogan Ilir, yang akan dibahas pada tahun 2024 ini, yaitu :

1. Raperda perlindungan dan pemberdayaan lahan bekas galian tanah dan tambang.

2. Raperda peran serta Badan Usaha, masyarakat dan luar negeri untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Ogan Ilir.

3. Raperda perlindungan dan penertiban layanan jasa keuangan serta perbankan.

BACA JUGA INI:   Pelatihan Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Musi Banyuasin

4. Raperda partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

5. Raperda pengelolaan pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik.

Menurut Rizal, diajukannya kelima Raperda ini menjadi inisiatif DPRD Kabupaten Ogan Ilir, karena meliha dari kebutuhan masyarakat Ogan Ilir.

“Kita mengajukan Raperda inisiatif ini, karena melihat ada urgensinya di masyarakat,” lanjutnya.

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Ogan Ilir, menggelar rapat paripurna terkait program pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam rapat paripurna tersebut, Rizal Mustofa menyatakan, DPRD menyetujui pembentukan Perda. Tahun ini, DPRD akan membahas 20 Raperda.

“Sebenarnya ada 25 Raperda usulan dari Pemkab Ogan Ilir, tapi kita tidak bisa melanjutkannya karena tidak ada urgensinya,” sebutnya.

BACA JUGA INI:   Penyembelihan Hewan Kurban di PWI Sumsel Lancar, Firko : Lebih Membahagiakan Hewan Kurban di PWI Sumsel Dari Kurban Anggota PWI

Untuk itu, Rizal meminta kepada Pemkab Ogan Ilir supaya dalam pengusulan Raperda harus benar-benar dipahami terkait urgensi Raperda tersebut.

Terkait Raperda yang akan dibahas oleh DPRD Kabupaten Ogan Ilir nantinya, terang Rizal, berkaitan dengan rencana pembangunan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Adapun ke-20 Raperda yang akan dibahas tahun 2024 ini, antara lain, tentang karakter dan penganggaran pendapatan belanja daerah Tahun Anggaran 2024.

Kemudian, perubahan anggaran pendapatan belanja daerah Tahun Anggaran 2024.

Karakter dan pedoman pengelolaan barang di daerah Pemkab Ogan Ilir instansi terkait, penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, tentang bantuan hukum gratis status terkait bagian hukum.

Karakter dan pembentukan produk hukum daerah instansi terkait bagian hukum. Rencana pembukaan industri kabupaten instansi terkait Disdikbud, Dinas Perpustakaan dan 10 Raperda penyelenggaraan perpustakaan instansi, identitas perpustakaan.#hen

BACA JUGA INI:   Dodi Bersama Bupati di Sumsel Sharing dengan Firli

Komentar