Pasang Iklan Murah Meriah

Sumsel Upaya Hidupkan Buadaya Kearifan Lokal Melalui Siguntang Fest 2022

Sumsel Upaya Hidupkan Buadaya Kearifan Lokal Melalui Siguntang Fest 2022

PALEMBANG, ExtraNews – Siguntang Fest 2022 resmi dibuka. Kegiatan yang berlangsung di Bukit Seguntang Palembang pada 5-7 Desember 2022 ini, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya generasi milenial agar lebih mengenal tentang sejarah kebudayaan di Sumsel.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal mengungkapkan, berbagai kegiatan digelar pada Siguntang Fest 2022. Diantaranya, Dulmuluk, pelatihan membuat batik, tanjak, pengenalan huruf aksara hulu dan lainnya.

“Ya, tujuannya untuk melestarikan budaya apapun itu bentuknya,” ungkap Aufa saat dikonfirmasi usai membuka Siguntang Fest 2022, Senin 5 Desember 2022.

Dikatakan Aufa, Siguntang Fest ini juga menjadi media promosi dan edukasi kepada masyarakat untuk mengenalkan berbagai budaya dan sejarah yang ada di Bukit Seguntang.

BACA JUGA INI:   Pria Diduga Mabuk Tewas Di Parkiran Hotel

“Agar mereka juga tahu bahwa Siguntang ini juga pernah ada cerita,” terangnya.

Lebih lanjut, Aufa menambahkan Festival Fest 2022 menggandeng puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Palembang. Tujuannya, tak lain untuk membangkitkan ekonomi melalui sektor UMKM dan pariwisata.

“Disini juga kami menggandeng UMKM guna mendorong sektor ekonomi melalui kegiatan apapun khususnya dalam kegiatan wisata,” tandasnya.

Sementara itu Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn yang hadir dalam Siguntang Fest 2022 berharap kedepan sering digelar even-even seperti ini dengan mengangkat sejarah dan budaya Sumsel.

“ Supaya generasi milenial tahu jati diri atau budayanya darimana asal usulnya ,” katanya.

BACA JUGA INI:   Kabupaten Muba Turut Serta dalam Festival Anjungan Sumsel 2023

SMB IV berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel yang selalu mengangkat even-even seperti ini dan diharapkan masyarakat dapat berperan aktif di Siguntang Fest 2022, karena banyak sekali budaya lokal yang bisa bersama-sama kembangkan dan lestarikan.

“ Karena kebudayaan ini akan hidup kalau kita selalu menghidupkannya ” katanya. [oska]

 

BACA JUGA INI:   Diduga Nikah Lagi, Oknum Polisi ini Ditahan