Sinergi TNI Jaga Ketahanan Pangan, Optimalkan Lahan Tidur Jadi Produktif

Sinergi TNI Jaga Ketahanan Pangan, Optimalkan Lahan Tidur Jadi Produktif

MUBA-SUMSEL, ExtraNews – Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Andi Wijaya Busro SH MHum mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 secara virtual, di Lahan Persawahan depan Masjid Raya Baitul Makmur Sekayu, Jln Lingkar Randik Kelur ahan Kayuara Kecamatan Sekayu, Rabu (1/11/2023).

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pertanian RI Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Andi Wijaya Busro SH MHum mengungkapkan program ini merupakan hasil kolaborasi TNI, Kementerian Pertanian dan Badan Pangan Nasional dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT TNI ke-78.

BACA JUGA INI:   Dukung dan Bantu Program Pemerintah, Pesan Kasad Kepada Prajurit di Palangkaraya

Ia mengatakan dalam arahan Wakil Presiden, TNI diminta harus peka terhadap situasi dunia yang tengah dilanda krisis pangan.

Menurut orang nomor 2 di Republik Indonesia, kepekaan itu harus dimiliki oleh TNI karena persoalan pangan dapat mempengaruhi stabilitas bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu kita sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia ini, tak terkecuali di Kabupaten Muba untuk mengoptimalkan lahan terutama lahan tidur untuk dijadikan lahan produktif dalam upaya menjaga ketahanan pangan,” kata Asisten II Setda Muba.

Lebih lanjut Andi mengatakan Pemerintah Kabupaten Muba sangat memperhatikan terkait stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi, berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya bekerjasama dengan Bulog, hingga memanfaatkan lumbung pangan yang ada.

BACA JUGA INI:   Rapat Fasilitasi Pembangunan Kebun Plasma Masyarakat

“Gerakan ketahanan pangan ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan swasembada pangan yang optimal di wilayah binaan dan berpengaruh juga untuk menurunkan Inflasi,” imbuhnya.

Sementara itu Dandim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwianto SPsi M Han mengatakan hari ini, adalah pelaksanaan Kegiatan Vidcon Gerakan Nasional Hanpangan jajaran TNI Tahun 2023 terdapat 385 titik seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Muba.

“Mudah-mudahan yang kita persembahkan dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Muba,” pungkasnya.

Setelah mengikuti vidcon, Asisten II Setda Muba bersama Dandim 0401 Muba serta para kepala perangkat daerah Muba melakukan panen padi di lahan kelompok tani Kelurahan Kayuara dengan luasan lahan hamparan 33 hektare l.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya PLH Kajari Muba Naungan Harahap SH MH, Kepala Dinas TPHP Muba A Thamrin, Kepala Dinas Ketahan Pangan Muba H Ali Badri ST MT, FKPD dan Perangkat Daerah Muba terkait, serta para petani padi di Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu. (rel)

BACA JUGA INI:   Upaya Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Musi Banyuasin