Setop! Pemasangan Pagar dan Seng di Komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya

PALEMBANG-SUMSEL, ExtraNews – Setelah sebelumnya , Jumat (30/12/2022). Hampir seluruh nisan di areal komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya dan keluarga yang terletak di Jalan Segaran, Lr Kambing, Kelurahan 15 Ilir, IT I, Palembang, di patahkan dan dihancurkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kali ini areal komplek pemakaman luasnya 500 meter persegi kini dikeliling di tutup dengan seng oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Pemakaman Pangeran Kramajaya dan keluarga sudah tercatat di Dinas Kebudayaan Kota Palembang dengan nomor urut 013 dan sudah tercatat di Nomor Registrasi Nasional : PO2018090600566.

Akhirnya pihak Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Palembang menggelar rapat koordinasi membahas Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yaitu komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya bersama pihak terkait di ruang rapat pamong budaya , Disbud kota Palembang, Kamis (19/1/2023) dengan di pimpin Kepala Disbud Kota Palembang Agus Rizal AP Msi .

Pihak yang hadir diantaranya perwakilan Kecamatan IT I , Perwakilan Ditjen Kemendikbud RI, Balai Pelestarian Kebudayaan VI Sumatera Selatan, perwakilan Perkimtan, perwakilan Kelurahan 15 Ilir , Dinas Pariwisata kota Palembang, , Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kota Palembang, Brin Sumsel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Dinas Kebudayaan kota Palembang

Kepala Disbud Kota Palembang Agus Rizal AP Msi membenarkan pihaknya hari ini menggelar rapat koordinasi terkait sengketa Komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya dengan mengundang pihak terkait seperti diantaranya Camat , Lurah, Brin, Dinas Kebudayaan dan Provinsi Sumsel .

“ Terkait persoalan ini kemarin statusnya pendaftaran sebagai ODCB, Objek Diduga Cagar Budaya yang sudah di verifikasi dan kita dorong untuk zuriat melengkapi apa yang menjadi kekurangan ,” katanya.

Kedua ada pertemuan lanjutan minggu depan untuk memanggil pihak-pihak yang bersengketa baik pihak zuriat Pengeran Kramajaya Raden Iskandar Sulaiman dan Acid Chandra untuk meminta masukan dan data terkait persoalan tersebut.

Pihaknya juga akan mempelajari juga manuskrip dari pengoleksi naskah kuno kota Palembang Andi Syarifuddin terkait dengan Pengeran Kramajaya termasuk silsilah Pangeran Kramajaya terkait daftar riwayat Pangeran Kramajaya.

“Makam kini sudah di pagar dan di seng, kemarin salah satu point juga kita minta camat dan lurah menghentikan segala aktivitas secara persuasif , jadi sudah kita informasikan untuk tindakan persuasif kepada masing-masing pihak untuk tidak melakukan kegiatan ,” katanya.

Komentar