oleh

Semur Daging Sapi

Bahan-bahan :
3 buah kemiri
8 siung bawang merah
500 gram daging sapi
4 cm jahe
minyak goreng secukupnya
1 liter air
100 ml kecap manis
1 sdt garam
2 batang serai
5 buah cengkeh
½ sdt pala bubuk
1-2 buah tomat

Cara Membuat :
Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu daging sapi yang telah Anda beli. Setelah itu, potong daging yang telah dibersihkan dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran potongan daging sebaiknya tidak terlalu kecil ataupun besar.
Siapkan panci yang berisi air bersih sebanyak 1 liter, kemudian rebus potongan daging sapi yang telah Anda siapkan sebelumnya.
Kemudian haluskan bahan dan bumbu, seperti jahe, tomat, bawang putih, kemiri, dan bawang merah.
Setelah itu, siapkan wajan bersih lalu tuang minyak sayur secukupnya saja untuk menumis semua bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Lalu, masak dengan api sedang, tunggu sampai beraroma.
Kemudian tambahkan bahan-bahan lainnya, seperti pala bubuk, cengkeh, garam dan serai. Aduk lagi masakan sampai bahan-bahan tersebut tercampur secara merata.
Kemudian angkat daging yang sebelumnya direbus tadi lalu tiriskan. Setelah itu, masukkan daging sapi potong tadi ke dalam tumisan. Aduk lagi sampai bumbu meresap pada daging.
Setelah itu, masukkan daging dengan tumisan tadi pada kaldu rebusan yang sebelumnya sudah disiapkan. Nah, masak daging dalam rebusan sampai benar-benar empuk dan lembut.
Tambahkan kecap manis dan garam sesuai selera, kemudian aduk lagi sampai merata.
Jika daging sudah empuk dan lembut dan campuran bumbu sudah benar-benar pas, angkat daging dan sajikan ke dalam piring saji.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya