Sekda Muba Lepas Kontingen Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat

Pastikan Kontingen Pramuka Muba Lakukan Yang Terbaik

 

MUBA-SUMSEL, ExtraNews – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Musni Wijaya SSos MSi, melakukan pelepasan kontingen Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) serta pembukaan pelatihan fotografer, editing video tingkat penegak pandega, sosialisasi perpustakaan dan peningkatan pengelolaan badan usaha kwartir cabang gerakan pramuka Musi Banyuasin,  Senin (13/3/2023) di Auditorium Pemkab Muba.

Dalam sambutannya Musni mengatakan, gerakan pramuka adalah suatu wadah pendidikan bagi generasi muda yang tetap relevan dengan perkembangan zaman saat ini, gerakan pramuka selalu berinovasi, menyesuaikan diri dengan kondisi perkembangan peserta didik tanpa mengabaikan kode etik dan kode kehormatan gerakan pramuka.

Lomba tingkat regu yang akan segera di ikuti oleh adik-adik merupakan, kegiatan pertemuan regu-regu pramuka penggalang yang bersifat kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Kegiatan ini juga sangat bergengsi karena dilaksanakan 5 tahun sekali yang melibatkan peserta pilihan dari kwartir. Bertujuan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para anggota pramuka penggalang di setiap gugus depan.

“Untuk itu, saya berpesan kepada peserta LT IV selalu jaga kekompakan, tunjukan jati dirimu, jadilah kebanggaan gugus depan dan kwartir dimana adik-adik bernaung. Kepada Pinkon serta Bindam utamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik supaya tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari,” ungkapnya.

Selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Musni Wijaya SSos MSi menyampaikan, pada kesempatan yang sama, diadakan pelatihan fotografer, editing video tingkat penegak pandega, sosialisasi perpustakaan dan peningkatan pengelolaan badan usaha kwartir cabang gerakan pramuka Muba.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di era digital, fotografer dan vidio editing di Indonesia semakin banyak penggemarnya. Media fotografer sangat cocok untuk adik-adik sebagai penunjang diberbagai kegiatan.

“Kemudian sosialisasi perpustakaan dan pengarsipan juga dapat menambah wawasan tentang cara mengelola perpustakaan yang baik dan benar karena mengelola perpustakaan tidak semudah yang kita bayangkan sebab perpustakaan bukan tempat menata buku saja tapi merupakan pusat informasi dan sebagai sumber referensi dalam meningkatkan minat baca,” tambahnya.

Selain itu, pelaksanaan pelatihan peningkatan pengelolaan badan usaha juga sangatlah bermanfaat baik untuk kita secara pribadi maupun’ untuk kepentingan organisasi, terkhusus organisasi gerakan pramuka. “Saya berharap adik-adik dapat mengikuti kegiatan ini secara seksama dan bisa mengambil setiap pelajaran yang diberikan dengan bersungguh-sungguh serta penuh rasa tanggungjawab dan dapat melakukan banyak terobosan,” harapnya.

Sementara, Ketua pelaksana Tarmizi SE dalam laporan menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini bermaksud memberikan kesempatan kepada anggota muda gerakan pramuka di Kabupaten Muba untuk menambah ilmu pengetahuan dalam bidangnya sehingga akan terbentuk insan muda yang memiliki kepribadian tinggi, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani sehingga mampu membangun dirinya sendiri secara mandiri.

“Pelaksanaan kegiatan lomba tingkat regu pramuka penggalang empat (LT IV) kwartir daerah gerakan pramuka Sumatera Selatan dilaksanakan di Bumi Perkemahan H. Imam Sumantri Gandus, dari tanggal 15 Maret 2023 S.D 19 Maret 2023. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi perpustakaan, peningkatan pengelolaan badan usaha serta pelatihan fotografer dan vidio editing pramuka penegak/pandega se-Musi Banyuasin yang masing-masing dilaksanakan selama satu hari di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muba,” bebernya.

Adapun peserta LT IV kwartir daerah gerakan pramuka Sumsel berasal dari, Regu Putri berasal dari Kwartir Ranting Tungkal Jaya, dan Regu Putra berasal dari Kwartir Ranting Keluang. Dengan satu orang pinkon dari kwartir cabang gerakan pramuka Muba dan dua orang bindam berasal dari pembina kwartir ranting masing-masing. Sehingga keseluruhan kegiatan ini diikuti oleh peserta sejumlah 89 orang.

“Semoga peserta yang mengikuti lomba dapat berjuang dengan baik sehingga bisa membanggakan nama Kabupaten. Sementara untuk peserta yang mengikuti pelatihan semoga dapat mengikuti kegiatannya dengan sungguh-sungguh, sehingga bisa bermanfaat untuk kedepan,” tandasnya. [rel]

BACA JUGA INI:   Pj Bupati Muba Ingatkan Seluruh Kontraktor yang bekerja di Muba Sesuai Spek

Komentar