oleh

Satgas TMMD Kodim 1802/Sorong Buat Septic Tank Standar Kesehatan

-TNI-74 views

Sorong, Papua Barat. – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 Kodim 1802/Sorong, membuat septic tank sesuai dengan standar kesehatan untuk rumah warga yang dibangun dalam program TMMD yang di selenggarakan di Kampung Kamlin, Distrik Wemak, Kabupaten Sorong. Jumat (26/03/21).

Dalam pengecekan pembuatan septic tank tersebut Dan SSK Satgas TMMD Kodim 1802/Sorong Kapten Inf Joko Susanto menyampaikan”Keberadaan septic tank itu menjadi sangat penting dalam pembangunan rumah jadi dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam mengerjakannya,” kata Kapten Inf Joko.

Dikatakan, Program TMMD Ke 110 Kodim 1802/Sorong dalam sasaran fisik memang bukan sekadar membangun rumah warga, tetapi mempuyai sasaran fisik tambahan dengan membangun sarana MCK yang layak dan memenuhi standart kesehatan.

Bagus DiBaca Juga:   Dan Satgas TMMD  Ke-110 Kodim 0319/Mentawai Cek Pembangunan Tugu Prasasti

Jadi, Satgas bukan hanya membangun rumah yang layak huni, namun juga membuat sanitasi yang awalnya sangat memprihatinkan serta jauh dari standar kesehatan.

“Untuk sasaran Fisik ,Satgas TMMD membangun rumah sebanyak 8 unit, anggota dibagi dalam beberapa tugas, ada yang terus mengerjakan plesteran dinding rumah dan sebagian menggali dan mengecor septic tank,” ucap dan SSK.

Kapten Inf Joko menegaskan, pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus, karena merupakan satu bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit, seperti diare, typhus, muntaber, disentri, cacingan dan gatal-gatal.

Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta estetika.

Bagus DiBaca Juga:   Bupati Lampung Timur Berikan Sambutan Pada Kegiatan Wasev TMMD 110

“Kami juga mengedukasi masyarakat kampung kamlin agar pembangunan toilet benar-benar diperhatikan dan tidak lagi buang air ke sungai,” tuturnya.

Sementara itu Bapak Dominggus, menyatakan salut dan bangga karena mempunyai TNI yang serba bisa, dan semua infrastruktur yang menjadi sasaran TMMD dikerjakan maksimal, tidak menyisakan pekerjaan tambahan, dan malah menambah pekerjaan untuk membantu masyarakatnya.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya