TNI  

Satgas TMMD 110 Ajak Warga Jaga Kebersamaan Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

WhatsApp Image 2021 03 18 at 20.06.44

Lampung Timur, Sasaran non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA. 2021 Kodim 0429/Lamtim melalui anggota satgasnya kembali melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan 4 pilar kebangsaan kepada warga Desa Sukorahayu, Jum’at (19/3/2021).

Sosialisasi dilakukan disela-sela kegiatan fisik berupa pembangunan jalan penghunbung sepanjang 4Km, pembuatan badan jalan, gorong-gorong plat sebanyak 6 titik, bedah RTLH, renovasi TPA dan Musholla serta pembuatan poskamling dan MCK.

Sasaran non fisik sosialisasi wasbang sudah kali kedua dilaksanakan untuk mewarnai kegiatan non fisik TMMD ke-110 Kodim 0429/Lamtim.

Selaku pengisi materi adalah Danramil 429-01/LBR Kapten Inf. Beny dan Danramil 429-04/SBW Kapten Arm. Adi Hernizam didampingi Batiter Kodim 0429/Lamtim Pelda Joko Nugroho.

BACA JUGA INI:   Dengan Kekompakan Maka Terjalin Kebersamaan Antara Warga dan Satgas TMMD

Dalam pemaparannya, Kapten Inf. Beny mengatakan, “Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut adalah Pancasila sebagai landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa, Undang-undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai kekayaan bangsa dan modal untuk bersatu,” terangnya.

Sementara Kapten Arm. Adi Hernizam selaku pemateri Wawasan kebangsaan menjelaskan bahwa,” wasbang dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar, hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan,” jelasnya.

BACA JUGA INI:   Suasana Penuh Canda Tawa Antara Tim Satgas TMMD Dan Warga

Masih menurutnya,”Era reformasi dan demokrasi, memang harus tetap berjalan. Namun, penataan kehidupan Kebangsaan (berbangsa dan bernegara), harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.”

“Pancasila sebagai landasan idiil, menjadi dasar bagi pemantapan pemahaman konsepsi Wawasan Kebangsaan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusional yang merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia,” pungkas Kapten Arm. Adi Hernizam.

Kegiatan sosialisasi di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan mempedomani protkol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak pada saat menerima materi dari Satgas TMMD 110 Kodim 0429/Lamtim.

BACA JUGA INI:   Keluarga Bu Sainah Bahagia Rumahnya Di Bedah TNI