Sambut Ramadhan di Lahat

2DD0AB9B BEFC 4B87 B50B 9F39F2DC55E4

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Pemkab Lahat Menggelar Rapat Koordinasi

Lahat,Extranews – Terkait dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana alam dan khutla, serta ketersediaan bahan pokok, menjelang bulan suci ramadhan, pemkab Lahat menggelar rapat koordinasi dan senergitas, unsur forkopimda dan OPD terkait (24/03).
Rapat tersebut berlangsung di ruang op room pemkab Lahat, yang di pimpin oleh wakil bupati Lahat, H Haryanto SE, MM, serta di hadiri oleh Dandim 0405 Lahat, Kapolres Lahat, ketua pengadilan negeri Lahat, jajaran SKPD terkait, camat se-kabupaten Lahat, serta tamu undangan lainnya.
Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono Sik, dalam paparannya, menyampaikan khutla terjadi karna cuaca ekosistem nya, dan juga musim, ada 27 desa serta 14 kecamatan di wilayah kabupaten Lahat yang rawan bencana khutla.
“Kami telah menyiapkan personil untuk tanggap darurat bencana, bekerja sama dengan instansi terkait, untuk membantu masyarakat, yang mengalami musibah bencana alam, serta mempersiapkan diri melakukan langkah antisipasi, agar kabupaten Lahat terhindar dari musibah” paparnya.
Sementara Dandim 0405 Lahat, Shawaf Almien SE, MSI, memaparkan terkait penanggulangan bencana alam dan khutla, peran TNI bersama masyarakat antara lain, penyelenggaraan dan pencegahan, cegah bencana, siaga bencana, peringatan dini, mitigasi, resiko bencana, tanggap darurat, rehabilitas dan kontruksi.
“Tugas pokok kodim 0405 Lahat, melaksanakan pencegahan serta tindakan pemadaman kebakaran hutan, mulai dari H- jam pada kurun waktu 2021, dalam mendukung tugas pokok BPBD kabupaten Lahat” paparnya.
Sementara itu, kepala dinas ketahan panganan kabupaten Lahat dalam paparan nya menjelaskan, dalam menyambut bulan suci ramadhan 1442 H, ketersedian bahan pokok, berupa beras dan bahan pokok lainnya mencukupi untuk masyarakat kabupaten Lahat.
“Alhamdulillah untuk menyambut bulan suci ramadhan kebutuhan bahan pokok cukup, stok beras dan bahan pokok lainnya tersimpan di gudang Bulog kabupaten Lahat” paparnya.
Sementara wakil Bupati lahat, H Haryanto SE MM, menghimbau kepada seluruh camat yang ada di kabupaten Lahat, untuk selalu memantau wilayah nya masing- masing, terkait khutla dan bencana alam lainnya.
“Alhamdulilah untuk menyambut bulan suci ramadhan, ketersediaan bahan pokok cukup untuk wilayah kabupaten Lahat, serta saya menghimbau untuk seluruh camat yang ada di kabupaten Lahat, agar selalu memantau wilayah nya masing- masing terkait khutla dan bencana lainnya” himbaunya.

BACA JUGA INI:   ASN dan Warga Berpenghasilan di Atas Rp1,5 Juta di Muba Dilarang Konsumsi LPG 3 Kg

Ahmad