PTBA Luncurkan Program Pengentasan Kemiskinan untuk Warga Muara Enim

MUARA ENIM-SUMSEL, ExtraNews – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar ( HNU) bersama Direktur Utama (Dirut) PT. Bukit Asam Tbk. (PTBA) Tanjung Enim Suryo Eko Hadianto meluncurkan Program Pengentasan Kemiskinan yang ditandai dengan penabuhan gendang bersama-sama di Gedung Serbaguna Baru Bukit Asam Tanah Putih, Kota Tanjung Enim, Jum’at (19/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PTBA menceritakan apa penyebab terlahirnya program pengentasan kemiskinan serta memaparkan program kerja berkelanjutan dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kecamatan Lawang Kidul.

“Terlahirnya program pengentasan kemiskinan yang kurang lebih baru berumur 2 (dua) bulan ini bukan tanpa alasan dan sebab yang jelas, pasalnya setelah disurvei dan dikumpulkan data-data masyarakat miskin di Kecamatan Lawang Kidul ternyata ada sekitar 16.412 orang pra sejahtera (masyarakat miskin) yang berada disamping Kantor Pusat PTBA Tanjung Enim, hal tersebut sangat miris untuk dikatakan mengingat sejak berdiri 1919 sampai sekarang batubara di Tanjung Enim sudah dibawa keseluruh dunia, malahan PTBA tercatat sebagai salah satu perusahaan yang menghasilkan keuntungan yang cukup disegani di Indonesia, hal tersebutlah yang mendasari kami (seluruh Jajaran direksi PTBA) melahirkan program pengentasan kemiskinan ini,” terang Suryo.

BACA JUGA INI:   Pentingnya Pendidikan Usia Dini

“Kami ingin membuat masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul semuanya sejahtera, diantaranya dengan program pendidikan dasar yaitu minimal anak-anak bisa sekolah dari SD sampai SMA/SMK dengan program sekolah gratis di Yayasan Bukit Asam bahkan bisa berkuliah dengan beasiswa gratis serta yang tidak kalah penting adalah berobat gratis dengan BPJS Kesehatan yang dipersembahkan terutama bagi 16.412 masyarakat sekitar wilayah operasi PTBA tadi,” lanjut Suryo mengatakan.

Dirinya juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk peduli terhadap orang-orang tersebut, untuk tidak hanya tinggal diam saja terutama kepada seluruh karyawan PTBA selaku objek utamanya agar dapat berbuat lebih dalam menyejahterakan masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul melalui program pengentasan kemiskinan ini.

BACA JUGA INI:   Pelantikan PWI Muara Enim, Plh. Bupati Rangkul Media Jadi Mitra Dalam Pembangunan Daerah

Lanjutnya, Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto memaparkan program ini seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan kemiskinan ekstrim menjadi 0 persen atau zero extreme proverty pada akhir 2024.

Komentar