PTBA Kucurkan Dana 106 Miliar Untuk Bangun Talud Sungai Enim

 

Muara Enim-Sumsel, ExtraNews – Cita Cita Ir Muzakir Saisohar saat menjadi Bupati Muara Enim untuk membangun talud kiri kanan sungai Enim yang membelah kota Muara Enim bakal segera terwujud,pasalnya PT.BA melalui dana CSR nya siap mengucurkan dana sebesar Rp.106 Miliar enam puluh juta untuk mendanai pembangunan Talud tersebut.

Disaat Muzakir Buoati beberpa kali melakukan lobi ke sejumlah perusahaan untuk membantu membiayai pembangunan Talud Sungai Enim tersebut termasuk PT.BA.

Sebagai perusahaan Tambang yang mayoritas bergerak diwuakyah Kabuiaten Muara Enim PT.BA cepat tanggap dan dengan menganggarkan biaya ratusan miliar untuk membiayai proyek Talud sungai Enimembelah kita Muara Enim. Yang direncanakan sebagai kawasan destinasi wisata air untuk kota Muara Enim.

Untuk melanjutkan program Muzakir tersebut dalam mem percantik Kawasan Tepian Sungai Enim tersebut Plt. Bupati Muara Enim Usmarwi Kaffa meminta dukungan Warga yang berada di tepi sungai Enim yang terdampak langsung rencana Pembangunan Talud agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan.
Dalam rangka penataan dan mempercantik Kota Muara Enim menjadi kota yang lebih bersih, rapi, cantik dan kota berkelas, Pemerintah Kabupaten Muara Enim membangun tebing penahan tanah (talud) di sepanjang Sungai Enim, khususnya antara Jembatan Sungai Enim I dan Jembatan Sungai Enim II. Agar pengerjaan proyek yang telah dilakukan peletakan batu pertama pada peringatan hari jadi Kabupaten Muara Enim 21 November 2022 tersebut terlaksana lancar, kata Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H saat menggelar sosialisasi kepada masyarakat yang berlangsung di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Senin (22/05/2023).
.
Plt. Bupati mengharapkan dukungan, kekompakan dan kerjasama dari masyarakat khususnya yang terdampak agar pembangunan talud pinggiran sungai enim penyelesaiannya dapat sesuai target. Diakuinya, dalam pelaksanaannya, sedikit banyak akan berdampak pada bangunan, baik rumah maupun pertokoan atau bangunan usaha disepanjang Jembatan Sungai Enim I hingga Jembatan Sungai Enim II. Untuk itu dirinya memohon dukungan khususnya warga yang terdampak langsung agar pengerjaan kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar.
.
Lebih lanjut Plt. Bupati menginginkan agar infrastruktur senilai Rp106 miliar dari CSR PT. Bukit Asam diharapkan tidak hanya memberikan dampak estetika bagi keindahan kota namun juga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Plt. Bupati optimis talud sungai enim akan menjadi salah satu destinasi baru dan unggulan, sebagai sarana rekreasi yang gratis dan terbuka bagi masyarakat Muara Enim serta wisatawan Sumsel hingga daerah lainnya yang berkunjung ke kota Muara Enim akan memiliki tempat untuk berwisata.

Sungai Enim yang akan dibangun Talud oleh PT.BA

Dalam sosialisasi tersebut hadir sejumlah direksi PT.BA yang ikut dalam acara sosialisasi tersebut guna Mendengarkan langsung dialog masyarakat dengan pemerintah Kabupaten.

Sejumlah warga mengharapkan pembangunan talud tersebut untuk segera dilaksanakan,jangan terlalu lama ditunda,karena masyarakat kota Muara Enim sudah snagat lama merindukan keindahan sungai Eni. Yang mebelah kota Mura Enim tersebut.banyak kota didunia yang keindahannya terkenal karena kotanya di belah sungai dan sungainya dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi ikon kota tersebut,hal tersebut hendaknya terjadi juga di kota Muara Enim.

Kami masyarakat kota Muara Enim sangat mendukung penuh PT.BA yang telah bersedia membiayai pembangunan Talud tersebut.

“Karena belum dibangun kami mengharapkan desain pembangunan nya benar- benar di buat bagus sehingga akan menjadi menarik dan indah untuk kawasan wisata sungai dikota Muara Enim,jangan hanya dipasang batu Bronjong saja,kata Alvian Saori yang dimibta tanggapan terkait pembangunan Talud sungai Enim sepanjang 1800 meter lebih tersebut. (nur)

Komentar