Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah disini

Program TJSL Pelatihan Teknis Rancang Bangun Motor Listrik, Jadi Ekstra Kurikuler SMK Yapalis Krian Sidoarjo

 

Jawa Timur, ExtraNews – Usai mengikuti serangkaian Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) P2B E-Moto 2023 berupa Pelatihan Teknis Rancang Bangun Motor Listrik kepada 5 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tersebar di wilayah Jawa dan Bali yang digelar PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura dan Bali (UIP2B JAMALI) berkolaborasi dengan Rainbow Moto Builder, SMK Yapalis Krian berencana menambah ekstra kurikuler pembelajaran rancang bangun motor listrik.

Bekal ilmu pelatihan Program TJSL P2B E-Moto menjadikan tambahan kompetensi welding, shaping, electrical dan painting bagi para siswa SMK dan kendaraan motor listrik hasil dari Program TJSL P2B E-Moto juga menajdikan fasilitas bagi sekolah untuk menggunakannya sebagai bahan tambahan pendukung pembelajaran siswa SMK.

“Program TJSL P2B E-Moto adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara perusahaan dan sekolah dapat menginspirasi generasi muda untuk terlibat dalam inovasi berkelanjutan,” ucap Drs. Mujiono Kepala Sekolah SMK Yapalis Krian.

Kolaborasi tersebut juga merupakan langkah baik dalam mempersiapkan SDM kompeten untuk industri KBLBB di Indonesia yang diharapkan dapat mendukung peningkatan kontribusi sektor industri otomotif.

BACA JUGA INI:   Motor dan Mobil Listrik Semakin Diminati Masyarakat

Kepala Sekolah SMK Yapalis Krian mengucapkan terima kasih kepada PLN atas terselenggaranya program P2B E-Moto.

Program ini tidak hanya memungkinkan siswa SMK Yapalis Krian untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka, tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan yang peduli lingkungan.

Program TJSL Pelatihan Teknis Rancang Bangun Motor Listrik, Jadi Ekstra Kurikuler SMK Yapalis Krian Sidoarjo

 

Munawwar Furqan selaku General Manager PLN UIP2B JAMALI mendukung niat baik tersebut. Baginya, bekal ilmu yang sudah pernah diberikan akan membawa dampak yang luar biasa jika ada transfer knowledge.

“Untuk pelatihan rancang bangun motor listrik Program TJSL P2B E-Moto yang sudah berjalan ini memang baru diikuti sebagian siswa SMK, jika pihak SMK Yapalis Krian mempunyai rencana menambahkan ekskul rancang bangun motor listrik dari bekal ilmu yang didapat dari Program TJSL P2B E-Moto tersebut, maka ilmu yang dibagikan bisa akan lebih berkembang dan dampaknya akan lebih besar dan signifikan. Ilmu tersebut diharapkan dapat dikembangkan dari generasi ke generasi” ungkap Munawwar.

BACA JUGA INI:   Perihal Chip Semikonduktor yang Bikin Pusing Otomotif Dunia?

Sejak dimulainya program tersebut pada bulan Mei 2023, PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Timur (UP2B Jawa Timur) beserta Rainbow Moto Builder memantau progress pembuatan motor listrik dan memberikan mentoring kepada siswa SMK Yapalis Krian untuk mengikuti pelatihan intensif yang mencakup berbagai aspek teknis dan teoritis dalam pembuatan motor listrik.

Mereka diberikan kesempatan untuk memahami prinsip-prinsip inti di balik teknologi berkelanjutan ini, yang memiliki dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

Proyek ini bukan hanya sekedar pembelajaran, tetapi juga tentang pengalaman praktis. Para siswa dipandu oleh mentor yang berpengalaman dalam setiap tahap pembuatan motor listrik, dari perencanaan hingga penyelesaian proyek.

Dengan semangat kolaboratif yang kuat, siswa-siswa SMK Yapalis Krian berhasil menyelesaikan pembuatan motor listrik pada akhir Oktober 2023.

“Kami sangat bersemangat melihat para siswa SMK Yapalis mengambil langkah berani dalam menghadapi tantangan teknologi terbaru, dan kami yakin bahwa investasi ini akan membawa manfaat besar bagi mereka di masa depan.” ujar Andi Makkuradde Manajer PLN UP2B Jawa Timur.

BACA JUGA INI:   Belum Pakai CVT, Apa yang Ditakuti Daihatsu Indonesia?

PLN UP2B Jawa Timur berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan inovasi di wilayah ini, dan proyek P2B E-Moto merupakan salah satu contoh nyata dari upaya tersebut.

“Kami berharap Program TJSL P2B E-Moto ini menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk melibatkan masyarakat dalam upaya-upaya berkelanjutan yang bermanfaat. PLN UP2B Jawa Timur akan terus berupaya untuk berkontribusi pada perkembangan berkelanjutan dan pendidikan di wilayah ini,” tambahnya. (rel)