oleh

Prabowo Bakal akan Borong 42 Pesawat Tempur Rafale dari Perancis, 6 Unit Telah Resmi Ditandatangani

-Nasional-149 Dilihat

JAKARTA, ExtraNews – Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto memastikan Indonesia membeli 42 pesawat tempur Rafale buatan Perancis.

Hal ini disampaikan Prabowo Subianto usai menerima kunjungan Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly di Kementerian Pertahanan, Jakarta pada Kamis (10/2/2022).

Prabowo menyatakan telah menandatangani kontrak pembelian 6 unit pesawat Rafale pada hari ini, sementara 36 pesawat lainnya akan menyusul dalam waktu dekat.

Selain kontrak pembelian pesawat, Perancis kata dia, juga akan memberikan dukungan latihan persenjataan dan simulator yang dibutuhkan.

“Indonesia merencanakan pembelian alutsista yang cukup signifikan untuk multirole combat aircraft, kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale,” jelas Prabowo di kantornya pada Kamis (10/2/2022).

Seperti diketahui, Rafale adalah pesawat tempur serbaguna generasi ke-4.5, bermesin dua, dan bersayap delta asal Prancis yang dibuat oleh Dassault Aviation.

Rafale dirancang sebagai pesawat berpangkalan di daratan maupun di kapal induk.

Pesawat produksi pertama Rafale B1 terbang untuk pertama kalinya pada 4 Desember 1998 dan telah dikirim ke AU Prancis. Pesanan Pemerintah Prancis yang sekarang mencapai 61 pesawat dikirim dari 1998 sampai 2005. [*era]

Komentar