Pasang Iklan Murah Meriah

Pj Gubernur Sumsel: Seluruh Pemda sekitar Siap Mendukung Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Pj Gubernur Sumsel: Seluruh Pemda sekitar Siap Mendukung Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Jakarta, ExtraNews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan seluruh Pemerintah Daerah sekitar siap mendukung percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Di antaranya Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat.

“Oleh karena itu, kita sampaikan semua, kita hadirkan seluruh Bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat dan Pemda siap mendukung ini,” ucap Fatoni saat beraudensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas reaktifasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Bahkan Pemda dari sisi anggaran sudah siap mendukung. Jadi dari sisi anggaran sudah siap, hubungan perusahaan-perusahaan pendukung sudah siap, bandara sudah siap hanya perlu pembenahan sebentar, sedikit lagi sudah lebih siap lagi,” sambungnya.

Hal ini dikarenakan bukan hanya satu daerah saja yang nantinya menerima manfaat, melainkan akan ada enam Kabupaten sekaligus. Salah satu faktornya adalah lokasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

BACA JUGA INI:   Petugas Avsec Terminal Cargo Bandara SMB II Amankan Ganja Selundupan

“Yang menerima manfaat hadirnya bandara ini cukup banyak, ada 6 Kabupaten dan kebetulan posisinya ini ada di perbatasan Sumsel dan Lampung. Yang terdekat justru itu di Kabupaten OKU Timur ibu kotanya Martapura, kemudian Way Kanan, Batu Raja, Muara Dua kemudian Lampung Barat,” jelas Fatoni.

“Ini semua mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu dekat dan bisa dioperasikan oleh masyarakat Sumsel dan Lampung,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengaku Pemerintah Kabupaten Way Kanan sudah menyiapkan anggaran khusus guna percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

“Terima kasih Pak Menteri, jadi kami sudah banyak membangun kantor yang baru untuk keberangkatan dan kedatangan. Kami sudah dianggarkan, kami ready anggarannya. Kami prinsipnya siap,” kata Adipati.

Kemudian, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin juga sangat berharap pengaktifan kemballi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Hal ini dikarenakan Kabupaten OKU Timur nantinya akan mendapatkan keuntungan dari seluruh penerbangan yang ada.

BACA JUGA INI:   Ciptakan Rasa Aman Jelang Pemilu 2024, Polda Metro Jaya Gelar Patroli Skala Besar

“Jadi atas yang diprakarsai tempo dulu OKU Timur siap, bahwasanya OKU Timur lah yang dapat berkah dari semua penerbangan yang ada. Saya mohon izin untuk segera dioperasikan,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Baturaja juga berharap pada Kementerian Perhubungan untuk dapat menghibahkan shuttle menuju Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika sudah beroperasi kembali. Senada dengan hal tersebut, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengaku siap berkomitmen dan mendukung semaksimal mungkin dikarenakan demi kebutuhan masyarakat luas juga mempromosikan wisata di daerah tersebut.

“Wisata OKU Selatan, yaitu Danau Ranau sangat indah sekali namun permasalahannya adalah terkait transportasi. Besar harapan kami dengan adanya bandara ini membuat wisata lebih bagus. Ada bendungan Tiga Dihaji, insya Allah tahun ini bendungan akan selesai,” kata Popo.

“Jadi sekali lagi kami siap mendukung seoptimal mungkin karena ini nantinya akan jadi manfaat bagi kami,” lanjutnya.

BACA JUGA INI:   Luar Biasa Pertama di Indonesia, Muba Bangun Kawasan Industri Hijau

Dalam kesempatan ini, turut hadir sejumlah pejabat di antaranya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin, Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo dan Bupati Lampung Barat Nukman. Kemudian, Kepala Dinas Perbuhubungan Sumatera Selatan Aprizal Hasyim, Kepala Dinas Perbuhubungan Lampung Helmy Zain, Kasubdit Dukungan Teknis Perencanaan Anggaran Daerah Muhammad Valiandra dan lainnya. (rel)’