Pj Gubernur Sumsel bersama Pj Walikota Palembang Kompak Bagikan Bansos untuk Anak Stunting

 

Palembang, ExtraNew – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Pj Walikota (Walkot) Palembang Ratu Dewa membagikan bantuan sosial (bansos) yang diperuntukkan bagi anak stunting se-Kota Palembang. Penyerahan bansos dilakukan di halaman Rumah Dinas Walikota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (26/1/2024).

Selain itu, Fatoni juga secara simbolis memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi masyarakat penerima manfaat. Fatoni mengatakan permasalahan stunting merupakan masalah bersama yang perlu diatasi bersama dikarenakan menyangkut masa depan bangsa Indonesia.

“Balita ini akan menjadi generasi penerus pada masanya. Kita akan digantikan dengan anak-anak kita pada waktunya nanti. Oleh karena itu kita harus pastikan bahwa anak-anak kita, anak-anak Indonesia itu memiliki gizi yang cukup dengan pertumbuhan yang baik, baik pertumbuhan fisik maupun otak,” ucap Fatoni.

BACA JUGA INI:   Polisi Bongkar Gudang Pengoplosan Tabung Gas Elpiji

Pemberian bantuan makanan tambahan bagi balita stunting di Kota Palembang merupakan bagian dari tanggungjawab bersama bukan hanya kalangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Melainkan tanggungjawab BUMD/BUMN dan masyarakat yang peduli dengan lingkungannya.

“Pemberian gizi kepada balita, diharapkan agar pertumbuhannya bisa sempurna, bisa normal. Selain memberikan asupan gizi yang baik, juga perlu membiasakan untuk membudayakan hidup sehat dan hidup bersih,” kata Fatoni.

Kemudian, Fatoni juga mengingatkan para orang tua balita penerima bantuan. Diharapkan bantuan yang diterima ini betul-betul dikonsumsi oleh buah hati bukan orang tua.

“Pemberian bantuan sembako, bantuan sosial hari ini juga perlu terus kita lakukan, pemberian makanan tambahan juga perlu kita lakukan dan kita pastikan bahwa makanan itu dimakan oleh bayinya bukan ibunya ataupun ayahnya,” harapnya.

BACA JUGA INI:   Launching Aplikasi SIDEMANG, 'Kemudahan Pelayanan Untuk Masyarakat

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan pemberian bansos bagi anak stunting sejak lama dilakukan sesuai dengan instruksi Pj Gubernur Agus Fatoni. Secara khusus, dia juga mengapresiasi kepada para kepala OPD segera memberikan bantuan sembako di 18 Kecamatan se-Palembang.

“Hari ini merupakan hari terakhir penyerahan bantuan sembako ke 18 Kecamatan  di Kota Palembang. Penyerahan bantuan ini pula merupakan bantuan murni dari masing-masing kepala OPD untuk pengentasan stunting di Kota Palembang,” ucap Ratu Dewa.

“Ada 12.812 keluarga penerima manfaat yang  menerima bantuan, yang tertinggi ada tiga Kecamatan pak gubernur pertama Kecamatan Gandus, lalu Kecamatan Seberang Ulu II, dan Kecamatan Ilir Timur II,” sambungnya.

Adapun total bantuan yang sudah tersalurkan mencapai 18.000 lebih paket makanan. Di antaranya berupa beras provit, telur, kacang hijau, susu SGM untuk anak 1 tahun ke atas 1 kotak (400 gram) dan biskuit 1 bungkus (120 gram). [ rel]

BACA JUGA INI:   Seperti Ada Suara Perempuan Bilang 'Udah' ke Gibran saat Jawab Pertanyan Debat, Refly Harun Minta KPU Lakukan Investigasi