Peresmian Operasional PLTS Irigasi Desa Muara Lawai

IMG 20240303 WA0005

 

MUARA ENIM-SUMSEL, ExtraNews – Masyarakat yang sejak lama mengharapkan adanya irigasi di ataran persawahan lecah paye akhirnya terwujud dengan hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS Irigasi ) yang dibaru saja diresmikan PJ Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali pada Sabtu (2/3/2024) kemaren.

Para pemilik sawah disejumlah desa diataran Lecah Paye seperti Muara Lawai, Lubuk Amplas,Tanjung Jati dan kelurahan Muara Enim merasa bersyukur akan pembangunan PLTS khusus Irigasi yang telah dibangun beberapa tahun ini oleh PT.BA.

Para petani berharap kehadiran PMT ini akan merubah musim tanam padi yang selama ini hanya bisa di tanam dimusim hujan saja bisa ditanam 3 kali atau 2 kali dalam setahun,dan petani juga bisa menjadi kan lahan persawahan sebagai tempat memelihara ikan jika PLTS Irigasi bisa berfungsi dengan baik dalam mengalirkan air kesawah sawah petani.

BACA JUGA INI:   Ayo Perbanyak Konsumsi Makanan; Sayur dan Ikan

Sementara itu Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., Sabtu (02/03) saat meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) irigasi Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim mengatakan program pembangunan PLTS untuk rakyat ini sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PTBA terhadap keberlangsungan pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Muara Enim.

Peresmian proyek PLTS oleh PT.BA senilai Rp. 2,1 milyar dihadiri oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Suherman, Dandim 0404 Muara Enim, Letkol. inf. Nugraha, S.H., M.I.P., Pj. Bupati menerangkan bahwa penyaluran program PLTS irigasi ini merupakan wujud sinergitas antara pemerintah daerah dan PTBA dalam mendukung peningkatan kesejahteraan petani.

Pj. Bupati mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan dukungan PTBA dalam berbagai aspek pembangunan daerah di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA INI:   Kades Diminta Menyaring dan Mencermati Usulan Warga

Selanjutnya kepada seluruh masyarakat khususnya warga Desa Muara Lawai, dan sekitarnya Pj. Bupati berpesan untuk dapat manfaatkan PLTS irigasi ini dengan semaksimal mungkin sekaligus mengajak untuk bersama menjaga dan memelihara keberadaannya agar mampu membawa manfaat positif bagi lingkung sekitar .

Sementara itu Direktur SDM PTBA juga menyampaikan bahwa PLTS Irigasi ini nantinya akan mengaliri lahan persawahan seluas 119 hektar dan memberi manfaat kepada 268 petani yang diperkirakan mampu menghasilkan 1.785 ton gabah kering giling per-tahunnya dengan masa tanam 3 kali dalam setahun.

“Dirinya juga menambahkan bahwa pembangunan PLTS irigasi ini merupakan upaya PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan yang sejalan dengan Noble Purpose (tujuan mulia) PTBA yaitu membangun peradaban, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik. (nur)

BACA JUGA INI:   Kiprah UMK Kopi Semende Binaan Bukit Asam PTBA, Menggaung di Kancah Nasional