oleh

Perbankan agar Salurkan Kredit Tanpa Agunan.

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75

Perbankan Diminta Salurkan KUR Tanpa Agunan

Muara Enim-Extranews —-Pelaksana Harian Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), meminta perbankan diwilayah Kabupaten Muara Enim mendukung pemulihan ekonomi selama pandemi lewat penyaluran Kredit usaha rakyat (KUR) tanpa agunan.
Menurut HNU sesuai regulasi penyaluran KUR mikro Rp0-25 juta, tidak perlu menggunakan agunan. “Tetapi kenyataan di lapanganmasih banyak perbankan yang menyaratkan agunan kepada calon debitur kredit usaha rakyat mikro,”kata HNU, Selasa (30/3).
Hal tersebut diungkapkan HNU saat mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Muara Enim yang diberlangsung di Ballroom Hotel Grandzuri Muara Enim.
Dalam acara tersebut juga digelar sosialisasi Percepatan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat dan Sinergi Program Penyaluran Kredit Usaha Rakyat. Dikatakan HNU, Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus berupaya mendorong peningkatan akses pada sumber pembiayaan yang dilakukan dengan memberikan penjaminan kredit bagi UMKM dan pelaku usaha lainnya melalui kredit usaha rakyat.
Oleh karenanya, HNU berharap kepada pihak perbankan agar dapat memudahkan persyaratan dan proses penyaluran kredit usaha rakyat kepada masyarakat. “Sesuai regulasi disebutkan bahwa kredit Rp 0 sd Rp25 juta tidak perlu menggunakanagunan. Semoga hal ini tidak terjadi di Kabupaten Muara Enim dan mohon kiranya kita semua dapat bahu-membahu,”tuturnya.
Lebih lanjut, HNU juga meminta kepada TPKAD Kabupaten Muara Enim yang baru dibentuk untuk segera menjalankan misi membuka kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sektor jasa keuangan seluas-luasnya guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.
Menurutnya, kehadiran TPKAD ini sangat penting untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim. “Terutama pada Program-program percepatan akses keuangan, sosialisasi, Mendorong lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah dan optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif,”paparnya.
Kemudian lanjut HNU dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional, termasuk Kabupaten Muara Enim akibat dampak pandemi Covid-19, maka perlu kiranya kita dorong dan dukung masyarakat.
“Khususnya UMKM melaluipenyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dengan kemudahan proses pengajuan dan bunga yang ringan sehingga mampu merangsang dan membangkitkan kembali UMKM. Kita berharap pelaku usaha kecil tumbuh subur di Kabupaten Muara Enim,”pungkasnya.NH
PENGUKUHAN : HNU mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD)

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya