oleh

Pemkab Muba Siap Dukung Wujudkan Kelurahan atau Desa Bersih Narkoba

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75

SEKAYU-MUBA, ExtraNews – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin siap menuju wilayah bebas narkoba. Kesiapan ini nampak saat Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi ikut webinar Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional.

Sekda Apriyadi didampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Deni Sukmana hadiri webinar bertema Peran Pemerintah Desa Dalam Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Wujudkan Desa Bersih Narkoba di Ruang Rapat Sekda Muba, Rabu (23/6/2021).

Webinar dibuka Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Prof H M Tito Karnavian PhD diwakili oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr Yusharto Huntoyungo MPd, yang diikuti seluruh gubernur, bupati/walikota, camat, kepala desa, pejabat BNN, dan FKPD di seluruh Indonesia.

Dalam arahannya Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr Yusharto Huntoyungo MPd, mengatakan hari ini masyarakat dunia akan memperingati hari narkoba, yang masih menjadi tantangan termasuk di Indonesia.

Dikatakannya kelurahan, desa menjadi daerah strategis masuknya penyebaran narkoba.

Untuk itu kelurahan/desa harus ambil bagian dalam program P4GN, koordinasi dengan instansi terkait, dan komponen masyarakat lainnya.

“Mendagri bersinergi dengan BNN dalam pelaksanaan desa bersih narkoba. Berharap sinergitas ini berjalan semakin solid dan makin banyaknya pihak yang terlibat,” harap Yusharto.

Kepala BNN RI Dr Petrus R Golose melalui Deputi Cegah BNN Drs Sufyan Syarif MH menyampaikan adanya sinergi bersama tersebut dapat menjadi rolmodel bagi masyarakat, untuk terlibat aktif dalam pemberantas narkoba.

“Kami apresiasi dan terimakasih kepada Kemenagri, atas implementasi pencegahan narkoba ini,” ujarnya.

Deputi Cegah BNN RI tersebut juga menghimbau kepada Kepala BNN, Provinsi, kota, dan kabupaten di seluruh Indonesia serta seluruh stakeholder terkait menindaklanjuti sinergitas itu, serta mewujudkan lahirnya kelurahan desa bersih narkoba.

Sekretaris DPMD Muba Deni Sukmana mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Muba siap menindaklanjuti sinergitas antara Kemenagri dan BNN, bersama BNN Muba memberdayakan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di semua elemen, termasuk lingkungan pemerintah.

“Kita siap mendukung terwujudnya kelurahan desa bersih narkoba,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula launching film pendek yang berjudul Ketahanan Keluarga, disaksikan oleh seluruh peserta webinar. [red/ril]

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya