Pembukaan Jambore Daerah Sumatera Selatan Tahun 2021

Pembukaan Jambore Daerah Sumatera Selatan Tahun 2021

Kapolda Sumsel Hadiri Pembukaan Jambore Daerah Sumsel 2021

PALEMBANG-SUMSEL, ExtraNews – Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mendampingi Gubernur Sumsel, Herman Deru secara resmi membuka pergelaran Jambore Daerah Sumsel yang digelar Kwarda Sumsel di bumi perkemahan Gandus Palembang, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan Jambore Daerah Sumsel ini digelar mulai tanggal 25 s.d 30 November 2021dan diikuti 1.250 peserta dengan Tema, “Pramuka Hebat Pramuka Generasi Emas”, dengan Moto, “Setyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan”, dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Kegiatan pembukaan Jambore Daerah Sumatera Selatan Tahun 2021 ini dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Sumsel dan tamu undangan, antara lain ; Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Toni Hermanto, Ketua DPR Prov. Sumsel Hj. R.A Anita Noeringhati, S.H., M.H., Wakil Ketua DPR Prov. Sumsel H. Giri Ramadani, Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Grandy Mangiwa, Waaster Kasdam II/Swj Letkol Arh R. Novi Setiana, Dir Binmas Polda Kombes Pol Heru, Dir Pam Ovit Kombes Pol Mirzal, Plt. Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel, para unsur FKPD Prov. Sumsel, para OPD Prov. Sumsel, Bupati/Walikota Se-Sumsel, Kasat Pol PP Prov. Sumsel Aris Saputra, Ketua Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Tingkat Daerah Sumsel, Ketua Kwatir Cabang Sumsel dan Pimpinan Kontingen Cabang Se-Sumsel serta tamu undangan lainnya.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan bahwa, Gerakan Pramuka yang berfungsi sebagai wadah pembinaan generasi muda senantiasa selalu mengembangkan Potensi yang dimiliknya, yang mengarah kepada pembinaan watak dan mental para generasi penerus bangsa, dengan harapan generasi mendatang menjadi generasi yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa Indonesia. “Dengan mengucap, Bismillahirrohmanirrohiim, Jambore Daerah Sumsel Tahun 2021 di Bumi Perkemahan Gandus Palembang, secara resmi dibuka”, ucap Gubernur Deru.

Kegiatan Jambore Daerah Sumatera Selatan Tahun 2021 bertujuan untuk membentuk Generasi muda yang tangguh dan memiliki kemampuan dalam mengembangkan Potensi yang dimiliki untuk menghadapi situasi perkembangan yang ada di wilayah Prov. Sumsel.

Kegiatan Pembukaan Upacara Jambore Daerah Sumatera Selatan Tahun 2021 dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19.

Sementara itu, disela-sela kegiatan jambore saat diwawancarai wartawan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni mengatakan, bahwa gerakan Pramuka berusaha memberikan kontribusi penting bagi pembangunan. “Saya yakin gerakan Pramuka ini dapat mengisi ruang rawan antar sekolah dan keluarga dengan kegiatan yang positif sehingga dapat menghadapi tantangan era modern yang sangat memperhatikan ini,” ujarnya.

Dirinya berharap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar sesuai dengan agenda yang ada di Jambore Daerah Sumsel yang ke-8. “Ini merupakan kegiatan positif yang perlu kita dukung agar berjalan dengan lancar,” katanya.

Salah satu ajang komitmen Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel adalah dengan melakukan pembinaan dan ajang kompetisi dan pelatihan agar para anggota diberbagai level terus dilatih.

Salah satunya di tahun 2020 ini, Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel menggelar Jambore yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Gandus Palembang. Ada ribuan anggota pramuka yang akan meramaikan Jambore ini sebagai ajang ketrampilan, leadhership dan juga kreativitas generasi muda.

“Karena kita melihat di dalam pramuka, kita tak hanya belajar tepuk dan nyanyi saja tapi ilmu praktis ketetampilan juga ditampilkan hingga akan mendapatkan pembelajaran yang sangat luar biasa yang ada di dalam Jambore Daerah Sumsel ini,” ungkapnya.

Selain itu ia juga memastikan bahwa Jambore akan digelar dengan aman dengan melibatkan para anggota TNI dan Polri agar tak terjadi hal yang tak diinginkan mengingat pelaksanaan Jambore akan memakan waktu lebih dari satu hari. [red*]

 

BACA JUGA INI:   Pemilihan Putra Putri Palembang Darussalam