Optimalkan Tata Kelola Kearsipan, Launching Akun Live ‘Srikandi’

MUARA ENIM183 Dilihat

Muara Enim, Extranews – Guna mengoptimalkan kearsipan tata kelola kearsipan di Kabupaten Muara Enim, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi bersama dengan Deputi Bidang Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Desi Pratiwi Melaunching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim, Kamis (17/11/2022).

Hadir dalam giat launching Akun Live Aplikasi Srikandi, Pj Sekretaris Daerah H Riswandar SH MH, Bunda Literasi Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari Kurniawan, Kabid Pelayanan dan Pemanfaatan Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel, Para Asisten, Staf Ahli, OPD , Ketua DWP Muara Enim, Kabag dan seluruh Camat se Kabupaten Muara Enim.

Dalam arahannya, Deputi Bidang Kearsipan ANRI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim khususnya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim yang telah mendukung dan mendorong penerapan aplikasi Srikandi guna mendukung program pemerintah pusat yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Pengarsipan ini sendiri merupakan sebuah memori kolektif yang nantinya beberapa arsip ini akan menjadi dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi para generasi penerus dalam mengumpulkan data hingga mengambil arah kebijakan terkait pemecahan / problem solving suatu masalah seperti yang belum lama ini kita lewati yakni Pandemi Covid-19,”ujar Desi.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi Srikandi dalam menjalankan roda pembangunan di Bumi Serasan Sekundang guna mengoptimalkan tata kelola kearsipan serta mendukung program SPBE.

Senada dengan Deputi Bidang Kearsipan ANRI, Pj Bupati membenarkan bahwasannya memang aplikasi Srikandi ini sendiri sangat memudahkan dalam merekap arsip data yang mana dalam penyimpananya nanti selain lebih aman juga dapat menghemat anggaran terkait pengadaan ruang arsip yang sempat dikeluhkan.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada teman-teman OPD khususnya bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim untuk segera mengoptimalkan penggunaan Aplikasi Srikandi ini, bila perlu nanti kita akan lakukan study ke ANRI terkait pengoptimalan kearsipan guna mewujudkan tata kelola kearsipan yang baik di Kabupaten Muara Enim,”pungkas Kurniawan.

Diakhir acara Pj Bupati Muara Enim bersama Deputi Bidang Kearsipan ANRI didampingi Bunda Literasi, Pj Sekda beserta jajaran memberikan piagam bergilir kepada Dinas Perkebunan selaku Perangkat Daerah terbaik Kearsipan dan Kecamatan Tanjung Agung selaku Terbaik Kearsipan di Kecamatan serta juara 2,3 serta juara harapan lainnya. [nur]

Komentar