Optimal Kelola Anggaran, Pemprov. Sumsel Sabet Anugerah Gatra 2019

JAKARTA,EXTRANEWS-Dinilai berhasil dalam  mengoptimalkan anggaran daerah, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dianugerahi penghargaan Gatra 2019.

Penghargaan tersebut   diterima oleh Herman Deru yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof H.M Edwar Juliartha saat menghadiri puncak peringatan ulang tahun Gatra ke-25 yang dilaksanakan di IPB Convention Center, Bogor Jawa Barat,  Minggu (1/12) malam.

Sumsel merupakan   satu dari 25 daerah yang mendapatkan apresiasi   Anugerah Gatra 2019 Kategori Optimalisasi Anggaran “Daerah yang Optimal Menggunakan Anggaran”.

GATRA juga memberikan 24 penghargaan lainnya  kepada kementerian/lembaga negara, desa, individu dan organasisi serta perusahaan yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dan perubahan positif untuk bangsa.

Ada lima kategori penghargaan yang akan diberikan GATRA kali ini. Lima kategori itu adalah terkait infrastruktur, pembangunan SDM, investasi, reformasi birokrasi, dan optimalisasi anggaran.

BACA JUGA INI:   Viral Mobil Polisi Nyaris Tabrak Rombongan PM Laos saat KTT ASEAN, Ini Penjelasan Polda Metro Jaya

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof H.M Edwar Juliartha disela-sela menerima penghargaan tersebut mengungkapkan, Pemprov. Sumsel  telah melakukan upaya optimalisasi anggaran yang dampaknya diharapkan dapat  memenuhi tiga prinsip, yaitu ekonomis, efisien, dan efektif.

“Prinsip ekonomis berarti memperhatikan kepantasan penggunaan input, sedangkan prinsip efisien membandingkan input atas output, dan prinsip efektif, yaitu membandingkan outcome atas output-Nya,” tegas Edwar.

Sementara itu sebelumnya Direktur Utama Media Group, Hendri Firzani, dalam sambutannya  menyebut media massa sebagai begian kelima pilar demokrasi, GATRA berkomitmen mengawal akselerasi pembangunan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah di tingkat pusat maupun daerah. Dalam lima tahun terakhir ini sudah banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat terutama di bidang infrastruktur dan pelayanan publik.

BACA JUGA INI:   Jokowi dan Luhut Jerumuskan Negara Masuk Jebakan Utang China ?

“Dari mulai infrastruktur hingga reformasi birokrasi. Jadi layanan masyarakat makin mudah. Ini tidak hanya di pusat, tapi juga sampai ke daerah bahkan desa,” tegasnya.

Menurut Hendri, sejak didirikan 19 November 1994, GATRA terus menyesuaikan perkembangan zaman, termasuk dalam hal memanfaatkan teknologi. Untuk itu, GATRA Media Group kini hadir dengan berbagai macam produk yang dapat secara mudah diakses melalui satu aplikasi saja.

“Majalah Gatra, Gatra Review, Gatra.com, Gatra Radio, Gatra Tv. Kami juga ada produk Gatra Jateng, kami harap tidak sampai di Jateng tapi ke daerah lainnya,” ujar dia.

Menurut Hendri, peluncuran aplikasi GATRA ini tujuannya agar memberikan kemudahan akses informasi yang akurat dan terpercaya, terutama bagi kalangan milenial. Red

BACA JUGA INI:   VIDEO! :( Hanya Dapat Rp15 Ribu Per Bulan, Nenek Pemulung Ini Makan Nasi Berkuah Air Hujan