Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Kabupaten Musi Banyuasin 86,46 Kategori Tinggi

Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Kabupaten Musi Banyuasin 86,46 Kategori Tinggi
  • Pj Bupati H Apriyadi Raih Penghargaan Katagori Pejabat Publik
  • Nilai Indek Peningkatan Literasi Masyarakat : 69,18 dengan kategori Sedang.

 

Palembang, ExtraNews – Komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud dalam menerapkan tata kelola layanan publik membuahkan hasil gemilang.

Dimana, Pj Bupati Muba menerima penghargaan Bidang Perpustakaan Tingkat
Provinsi Sumatera Selatan Kategori “Pejabat Publik” yang ditetapkan oleh PJ Gubernur Sumatera Selatan Dr Agus Fatoni MSi dan diserahkan pada Pembukaan Festival Literasi Nusantara 2023 di Asrama Haji Palembang, Jumat (27/10/ 2023).

Seperti diketahui, Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Kabupaten Musi Banyuasin adalah 86,46 Kategori Tinggi dan Nilai Indek Peningkatan Literasi Masyarakat yaitu 69,18 dengan kategori Sedang.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sunaryo SSTP MSi mengaku bersyukur dan bahagia atas pencapaian yang telah diraih tersebut.

BACA JUGA INI:   Pj Bupati Usulkan Dana DAK Maksimalkan Sarpras Membaca di Muba

“Pencapaian ini akan menjadi sarana bagi kami Pemkab Muba untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik, dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat sebagai wujud nyata tata kelola pemerintah yang baik,”ungkap Kepala DPK Muba Sunaryo.

Dijelaskannya, bahwa Pemkab Muba terus meningkatkan Program Urusan Perpustakaan di Musi Banyuasin antara lain peningkatan perpustakaan daerah dengan berorientasi Milenial yang instagramable dan peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan perpustakaan Desa. Program Sirkulasi Buku Mandiri juga terus digulirkan untuk menambahkan koleksi buku agar dekat dengan masyarakat.

“Perpustakaan keliling terus dijalankan agar dapat menyentuh ke pelosok-pelosok desa di Muba Perpustakaan digital dengan nama iMuba juga digadang-gadangkan agar menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mengakses buku dimanapun,”ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya” Kabupaten Muba juga punya Program Inovasi Taman Bacaan Masyarakat Suku Anak Dalam (Tamasya SAD) di Kecamatan Bayung Lencir, program gemilang ini juga tak luput dari Penerima inovasi terbaik Sumsel 2023 kategori Camat terinovatif yaitu camat Bayung Lencir dengan Tagline “Buku Kantiku” yang diluncurkan agar masyarakat dekat dengan buku sehingga Indek Literasi msyarakat Muba terus meningkat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan msyarakat mengingat Literasi untuk Kesejahteraan,”Pungkasnya.

BACA JUGA INI:   Gencarkan Literasi, Muba Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Kabupaten

Terpisah, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan penghargaan tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Pemkab Muba sebagai badan publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik dengan berinovasi tanpa henti.

“Selamat untuk Muba, Kami Dinas Komunikasi dan Informatika tentu akan terus mendukung dan support Program Inovasi Pemkab Muba termasuk program inovasi seluruh OPD melalui pelayanan informasi publik menuju percepatan transformasi digital selain itu kami juga aktif melalui portal berita yang Kami kelola dengan mengerahkan masyarakat melalui pemberitaan, dan kanal-kanal media seperti Radio, Fecebook, IG, YouTube Mubatv, dan kemitraan kami dengan media massa,” pungkasnya. (rel)

 

BACA JUGA INI:   Korban Penipuan LPK Se-Indonesia Mengalami Kerugian Puluhan Miliar