Ngopi Cow PWI Sumsel Minta Parpol Berkontribusi untuk Pers

Palembang, Extranews —- Satu benang merah simpulan dalam diskusi milenial yang bertajuk Ngopi Cow (ngobrol pintar caro wartawan) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, pers meminta parpol memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan pers terutama memperkuat peran untuk demokrasi.

Ngopi Cow PWI Sumsel dengan topik kontribusi parpol dan publik membangun pers yang memajukan demokrasi, menghadirkan Ketua PKB Sumsel Ramlan Holdan, Hasyim SE MSi anggota komisioner KPU Sumsel, Firdaus Komar (Firkom) Ketua PWI Sumsel, Jhon Heri Ketua SMSI Sumsel dan pengamat politik sosial Bagindo Togar.

Acara yang berlangsung di kantor PWI Sumsel, Jl Supeno 11 Palembang, Sabtu (26/2), dipandu oleh host jurnalis TV Reza Fahlevi dan dihadiri lebih kurang 50 peserta offline dan selebihnya via link Zoom.

Ketua PWI Sumsel, Firkom menandaskan selama ini dari parpol telah meunjukkan komitmen dalam memajukan pers dalam melaksanakan perannya. Salah satu bukti adalah lahirnya regulasi UU No 40 tahun 1999 tentang pers pada masa pemerintahan Habibie. Namun demikian di tingkat daerah Parpol yang telah menempatkan orang orang nya di legislatif agar membuat kebijakan yang memihak pers.

Dalam konstitusi telah diamanatkan bahwa pers memiliki peran terkait kepastian pelaksanaan  demokrasi, ujar Firkom ada berapa variabel dalam demokrasi, pada variabel itulah wartawan atau pers dapat memberikan perannya. Misalnya dalam variabel pelaksanaan pemilu, tentu pers dituntut menyukseskannya dan melaksanakan fungsi kontrol terhadap lembaga lembaga teknis penyelenggara pemilu itu.

Kontribusi  parpol sangat diperlukan dalam menghidupkan media. Seperti yang dikatakan Ketua SMSI Jhon Heri, parpol agar membantu media melalui kebijakan lewat pemerintah. Bahkan parpol bisa membantu memberikan kontribusi misalnya dalam peningkatan kualitas wartawan dengan membantu pelaksanaan UKW.PWI Sumsel Besok Gelar Diskusi Millenial, “Kontribusi Parpol dan Publik Dalam Sinergi Membangun Pers yang Memajukan Demokrasi”

Pada bagian lain, Ramlan Holdan meminta pers terus mendorong wartawannya agar tetap menjaga integritas dalam melaksanakan tugas. Begitu juga pengamat Bagindo Togar, agar pers dan parpol dapat bersinergi dalam melaksanakan perannya terutama kaitan pelaksanaan demokrasi.

Hasyim, yang  mewakili Ketua KPU, mengajak agar menyukseskan Pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Hasyim meminta kepada pers untuk ikut mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2024.

Acara Ngopi Cow dibuka oleh ketua PWI Sumsel, Firkom dengan diawali pantun,

Buah kecapi sudah distel

Bawa nasi campur duren

Ngopi Cow pwi Sumsel

Diskusi nya Memang keren.

Acara ditutup dengan dilakukan tanya jawab antara peserta dan narasumber. Firkom

Komentar