oleh

Muba Berlakukan Program Satu Data

Integrasikan Data Tiap OPD, Pemkab Muba Implementasi Program Satu Data 
Sekayu, Extranews — – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Rapat Laporan Akhir dan Evaluasi Progres Kegiatan Satu Data Indonesia, Selasa (8/12/2020) di Ruang Rapat Serasan Sekate. Program ini berfungsi untuk kemudahan dan juga kelancaran kedepan dalam proses percepatan pembangunan di Kabupaten Musi Banyuasin juga memastikan agar dapat mengelola satu data dan peta dengan benar.
Rapat dipimpin oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan, satu data ini sangat penting untuk dilakukan guna mempercepat proses pembangunan yang sudah direncanakan di Kabupaten Muba.
Selain mempercepat, satu data juga bisa mempermudah kegiatan yang akan dilakukan dan semoga tepat sasaran. Untuk dasar hukumnya, satu data ini mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.
“Dasar hukum dan manfaat nya dari satu data sudah sangat jelas. Jadi kalau tidak dari sekarang kita berkomitmen, kapan lagi. Dibutuhkan sebuah komitmen dan kerjasama dari semua pihak untuk mengimplementasikan program satu data, satu peta dan satu kebijakan ini bisa terwujud di Kabupaten Muba,”ucapnya.
Setiap OPD yang ada di Kabupaten Muba harus selaras untuk bisa mengumpulkan data dan membuatnya menjadi satu data. Untuk kedepannya akan ditekankan setiap usulan itu harus berbasis data, karena meskipun satu data namun data yang ada terlindungi dan tetap terjaga keamanannya.
Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Muba Drs Iskandar Syahrianto MH mengatakan, satu data memiliki tujuan yang sangat baik yaitu memetakan konsep integrasi data prioritas dari OPD. Sinergisitas kebijakan satu data terhadap kebijakan satu peta. Dapat mengidentifikasi, menyusun, monitoring dan evaluasi prakarsa satu data sebagai program jangka pendek. Melakukan inventarisasi jenis data yang di produksi, unit pengelola tiap wali data, teknis pengumpulan data, perangkat pengelolaan data dan penyimpanan data.
“Dari banyaknya tujuan dan juga manfaat dari satu data ini, semoga dapat menambah semangat kita untuk mewujudkan. Kita harus bisa saling menyakinkan dan saling bergandengan agar semua ini bisa terasa ringan dan nilai manfaatnya pun bisa kita rasakan bersama,”pungkasnya.
Ditambahkan Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP melalui Sekretaris Hj Nurzahrawati SPd MT selaku Sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba yang dalam hal ini sebagai wali data dalam satu data mengungkapkan, keberhasilan aplikasi satu data sangat bergantung dan dipengaruhi atas adanya informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki Organisasi Perangkat Daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya. Jika satu data ini dapat diimplementasikan dengan baik maka manfaat dan kemudahan akan kita rasakan.
“Kita sangat sependapat dengan apa yang sudah ditekankan oleh Sekda Muba bahwasanya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah berkewajiban untuk dapat memberikan konstribusi data ke aplikasi Satu Data Muba secara rutin dan melakukan update data, serta mengintegrasikan pengelolaan data yang sudah ke aplikasi Satu Data Muba. Semoga komitmen ini bisa kita wujudkan bersama, dan untuk segala kekurangan serta hambatan dari satu data dapat kita atasi secara bersama juga,”tandasnya. Rel/fk

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya