Muaraenim Siap Laksanakan Penguatan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

BOGOR-JABAR, Extranews – Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi bersama Forkopimda menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bertajuk Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Sentul International Convention Centre (SICC), Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023).

Pada Rakornas tersebut, Pj Bupati yang hadir bersama Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia mengikuti paparan langsung Presiden RI, Joko Widodo, yang membahas sejumlah isu diantaranya penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan; penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan, pengangguran, dan jaring pengaman sosial serta stabilitas politik, hukum, keamanan, dan pengawasan.

Dalam arahannya, Presiden mengajak kepada seluruh kepala daerah dan forkopimda yang hadir pentingnya menjaga keseimbangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi serta mendorong pemerintah daerah untuk mengeluarkan anggaran APBD seawal mungkin setiap tahunnya. Lalu, Presiden juga ingin sinkronisasi kebijakan Pusat dan Daerah semakin diperkuat guna mempercepat pembangunan didaerah.

Pj Bupati berharap Rakornas yang diselenggarakan bisa mendorong dan mensinergikan kebijakan stabilitas harga dengan kebijakan pemulihan ekonomi di daerah serta menghasilkan kebijakan pengendalian inflasi daerah yang akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan pengendalian inflasi secara nasional.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan kesiapan dan komitmen mengikuti arahan Presiden untuk menjaga keseimbangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi melalui penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan, pengangguran, dan jaring pengaman sosial serta stabilitas politik, hukum, keamanan, dan pengawasan.

Lebih lanjut, Pj Bupati menjelaskan Pemkab Muara Enim telah melakukan langkah-langkah konkrit terhadap penanganan inflasi daerah terkhusus di Kabupaten Muara Enim bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) guna mencari solusi ataupun inovasi supaya inflasi dapat ditekan secara maksimal. “Termasuk juga menekankan kepada Perangkat Daerah terkait agar dapat saling berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan stakholder terkait sebagai upaya konkrit dalam penanganan inflasi didaerah,” terangnya. [nur]

Komentar