oleh

Mie Ongklok Khas Wonosobo

-Berita-176 views
Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Kulineran yuk di Wonosobo, banyak loh pilihan wisata kuliner di wonosobo. Cuaca yang dingin ditambah suasana yang adem membuat nafsu makan kita bertambah dan paling enak adalah mencoba kuliner khas wonosobo yang otentik.

Salah satu kuliner yang paling legendaris adalah Mie Ongklok. Nama yang unik dan penampakan yang sangat menggoda menjadikan Mie ini begitu terkenal dan direkomendasikan oleh masyarakat setempat. Nama Mie Ongklok dikarenakan bahan-bahanya yang merupakan khas Wonosobo, antara lain Kol dan Kucai. 

Ongklok juga adalah alat merebus mie yang terbuat dari bamboo, bentuknya seperti saringan Bakmi pada umumnya. Bahan-bahan direbus dengan cara merendam di air mendidik, lalu ditiriskan dengan Ongklok ini. 

Kuahnya adalah olahan pati dengan campuran gula jawa, ebi, dan rempah-rempah. Memiliki harum rempah, manis dan gurih bumbu kacang menjadikan Mie Ongklok sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca dingin. Kuncinya adalah rempah dan ebi, yang membuat rasa Mie Ongklok berbeda dengan Mie pada umumnya.

Untuk melengkapi Mie Ongklok biasanya ada hidangan Sate Sapi dan Tempe Kemul. Sate Sapi memiliki rasa yang hampir mirip dengan sate pada umumnya, hanya teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan Sate Kambing. Sedangkan Tempe Kemul mirip dengan Tempe mendoan, yakni tempe tipis di goreng dengan tepung dan bumbu. Rasanya lengkap sudah, ada sumber karbohidrat, protein, dan sayuran.

Harga Mie Ongklok

Mie Ongklok 1 Porsi = Rp. 5000 – 10.000, –
Sate Sapi 10 Tusuk         = Rp. 15.000,-
Tempe Kemul 1 Biji     = Rp. 500,-

Jika Penasaran datanglah ke warung Mie Ongklok dibawah ini, untuk rekomendasi bagi kalian.

Mie Ongklok Pak Muhadi,Jl. A. Yani . Jam Operasional = 09.00 – 21.00 WIB
Mie Ongklok Longkrang, Jl. Pasukan Ronggolawe. Jam 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya