oleh

Mengenal Sosok Bharada E Sebelum Terjun di Kedinasan Polri, Dari Pemanjat Tebing Hingga Penembak Nomor 1, Malah Jadi Tersangka Brigadir J

JAKARTA, ExtraNews – Bharada E atau Richard Eliezer resmi ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis (4/8/2022) atas kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022).

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakulan gelar perkara soal kasus Brigadir J.

¨Penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi juga sudah dianggap untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka,” ujar Brigjen Andi Rian di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022).
Seperti yang disampaikan Rian, motif Bharada E dalam kasus penembakan bukan untuk membela diri dan dikenakan Pasal 338 KUHP Junto Pasal 55 dan 56 KUHP. “(Bharada E,red) bukan membela diri,” ungkap Andi Rian.

Saat menjalani pemeriksaan di Komnas HAM, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa Bharada E memberikan pernyataan mencengangkan yakni dirinya mengaku saat baku tembak terjadi, Brigadir J sempat dalam keadaan tersungkur namun dirinya tetap menembak.

Bahkan, tembakan yang dilepaskan Bharada E kepada Brigadir J dilakukan dalam jarak dekat yakni hanya 2 meter. “Jaraknya hanya dua meter dari posisi Brigadir J tersungkur. Tapi dia (Bharada E) tetap melakukan tembakan hingga seniornya itu tewas,” ujarnya.

Lalu siapa sebenarnya, sosok Bharada E? Ini profil lengkapnya…

Banyak yang bertanya-tanya siapa sosok asli Bharada E yang menjadi tersangka penembakan Brigadir J. Sebelumnya, Irjen Ferdy Sambo selalu merahasiakan identitas asli ajudannya Bharada E.

Diketahui, Bharada E memiliki nama asli Richard Eliezer Pudihang Lumliu. Richard Eliezer Pudihang Lumliu yang berasal dari Manado disebut sebagai sosok Bharada E yang telah menembak mati Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo. Akun Instagram @r.lumiu pun menjadi sorotan.

Dalam akun Instagram tersebut, tertera bahwa Richard Eliezer atau Bharada E menggeluti olahraga pemanjat. Banyak foto-foto yang diunggah dalam akun Instagramnya menampilkan Bharada E sedang menikmati aktivitas outdoor dan memanjat tebing.

Richard Eliezer tampak begitu dekat dengan alam. Diketahui, Bharada E sendiri merupakan penembak nomor 1 di Resimen kelas 1 Pasukan Pelopor di jajaran Korps Brimob.

Netizen Curiga dan Sampaikan Rasa Iba, Sebut Bharada E Cuma Kambing Hitam Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penembakan Brigadir J pada bulan Juli silam, akun Instagram milik Bharada E alias Richard Eliezer yakni @r.lumiu langsung diserbu netizen. Namun, bukan untuk dihujat melainkan diisi rasa iba dan kesedihan dari netizen. [*tvOne]

 

Komentar