oleh

Mau Bangun Website Pribadi? Ini Dia 6 Penyedia Domain Gratis!

ExtraNews – Bagi sebagian besar orang, mendapatkan penyedia domain gratis tentu merupakan hal yang sangat diinginkan. Terlebih, jika mereka ingin menciptakan situs website dengan budget terbatas.

Sebenarnya, ada banyak sekali domain yang tersebar di internet, baik yang gratis maupun yang sifatnya berbayar.

Banyak orang mungkin tergiur untuk menggunakan domain gratis. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya, ada beberapa kekurangan yang akan didapatkan ketika kamu memakai domain gratis. Salah satu kekurangan itu adalah nama domainnya tidak terlalu populer.

Berbeda halnya apabila menggunakan .com yang sangat populer dan memang harus membayar untuk mendapatkannya.

Meski begitu, kamu tetap bisa, kok, memanfaatkan domain gratis, terutama para pemula yang hendak membangun website pribadi.

Lantas, apa saja penyedia domain gratis mumpuni yang wajib kamu manfaatkan? Berikut Glints kurasikan enam contoh terbaiknya untukmu.

1. Biz.nf

Apabila kamu sedang mencari penyedia domain gratis yang ampuh, maka tidak ada salahnya untuk mencoba layanan Biz.nf.

Menurut PR Checker, Biz.nf adalah salah satu fasilitator hosting dan domain website gratis yang memungkinkan kamu untuk mendaftarkan domain tak berbayar dengan ekstensi domain .co.nf.

Jadi, sebagai contoh, nanti domain yang terdaftar adalah “www.sitename.co.nf”.

Biz.nf sendiri telah menjalankan bisnis sejak tahun 2008. Mereka menawarkan layanan hosting yang ramah dan mudah digunakan sehingga cocok untuk digunakan pemula.

Bagus DiBaca Juga:   Menang PSU, Heri Dipastikan Pimpin Pali Lagi

2. Freenom

Selain Biz.nf, kamu juga bisa mencoba Freenom untuk mendapatkan domain gratis. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan berbagai macam ekstensi domain seperti .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq.

Menurut Build This, Freenom menggunakan .tk yang merupakan nama domain untuk pulau kecil bernama Tokelau, sebuah negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar 1.500 jiwa.

Apabila kamu ingin mendapatkan domain gratis yang cukup terkenal, kamu bisa memakai Freenom sebab domain .tk merupakan ekstensi domain terbesar kelima di dunia.

Cara untuk mendapatkan domain dari Freenom pun cukup mudah. Kunjungi situs Freenom dan nanti kamu hanya perlu ikuti panduan yang tersedia pada halaman web mereka

3. Dot.tk

Tak hanya lewat Freenom, kamu juga bisa mendapatkan salah satu ekstensi domain terbaik dunia, . tk, lewat salah satu penyedia domain gratis Dot.tk.

Dot.tk merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di pulau Tokelau, sama seperti halnya Freenom, dan menyediakan domain gratis dengan ekstensi .tk.

Nantinya, ketika kamu mendaftarkan domain di Dot.tk, nama ekstensi domain yang ada di website akan menjadi “www.sitename.tk”.

Dot.tk sendiri telah menyediakan domain .tk gratis sejak tahun 2001 silam.

Bagus DiBaca Juga:   Klappertart

Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan di atas, domain gratis memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, Dot.tk memiliki server yang kinerjanya cukup lambat.

4. TMD Hosting

Menurut Build This, TMD Hosting merupakan salah satu industri penyedia domain gratis veteran. Pembekal domain satu ini unggul dalam hal kecepatan, keandalan, dan yang keamanan.

Tak hanya menyediakan domain gratis, TMD Hosting juga menyediakan beberapa paket hosting yang bisa kamu gunakan untuk website-mu.

Ada baiknya kamu membeli paket hosting dari TMD agar website lebih terjamin keamanannya.

Harga paket bersama di TMD Hosting mulai dari angka Rp42,071/bulan. Tidak ada salahnya, lho, untuk membeli hosting demi keamanan website-mu.

5. Biz.ly

Penyedia domain gratis satu ini bisa menjadi alternatif di saat kamu sedang membutuhkan domain yang jitu untuk situs website-mu.

Menurut PR Checker, Biz.ly menyediakan domain gratis yang sangat singkat dengan domain .biz.ly yang berarti bisnis.

Dengan menggunakan Biz.ly, maka nama website kamu akan menjadi “www.sitename.biz.ly”.

Biz.ly sendiri telah menyediakan layanan domain gratis sejak tahun 2002. Layanan mereka terbilang cukup sederhana, sehingga bisa digunakan bagi kamu yang masih pemula.

6. Wix

Bagus DiBaca Juga:   Ternyata Bisa Belajar Via Radio

Terakhir, bagi kamu yang sedang mencari penyedia domain gratis, Wix dapat menjadi salah satu opsi yang baik.

Bagaimana tidak? Dengan paket level awal gratis yang dilengkapi dengan subdomain untuk aksesibilitas ke situs web, Wix kini dianggap sebagai raja pembuat situs.

Tak hanya itu, menurut laman Wix, karena kualitasnya yang sudah terkenal, domain mereka bisa meningkatkan kredibilitas situsmu dan secara instan membuat tampilan laman web terlihat lebih profesional.

Itu dia enam penyedia domain gratis terbaik yang bisa kamu coba sebagai pemula di dunia website.

Sekali lagi, penting untuk kamu ingat bahwa domain gratis datang dengan sejumlah kekurangan yang bisa merugikan situs web.

Oleh karena itu, ExtraNews  tidak menyarankan penggunaan domain gratis untuk keperluan bisnis, seperti strategi marketing di internet.

Bagaimana? Apakah kini kamu makin siap untuk membangun situs pribadimu? Atau justru, kamu masih penasaran dengan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan penggunaan domain?

Tenang saja, jika penasaran, kamu bisa segera gabung di  komunitas web hosting.

Di sana, terdapat banyak diskusi menarik terkait web building dan kamu bisa langsung tanya jawab bersama pengguna website  lainnya.

Menarik bukan? Yuk, daftar sekarang. Jangan sampai ketinggalan, ya!. [Aji Corps/glints]

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya