Mahasiswa UIN Gus Dur Kuliah Kerja Lapangan ke PWI Pusat

Mahasiswa UIN Gus Dur Kuliah Kerja Lapangan ke PWI Pusat

Jakarta, ExtraNews – Sebanyak 25 Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid (UIN Gus Dur), Pekalongan berkunjung ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Kunjungan para mahasiswa tersebut dalam rangka Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan ini diterima oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendy Ch Bangun dan Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat M. Nasir.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengungkapkan, PWI Pusat senang dengan ada kunjungan mahasiswa UIN Gus Dur. Bahkan bukan saja mahasiswa yang berkunjung ke PWI, akan tetapi Humas pemerintahan, lembaga maupun perusahaan juga berkunjung dan berdiskusi di kantor PWI.

BACA JUGA INI:   Kronologi Kerusuhan di NTT, Anggota TNI Dipukul Oknum Polisi, Pria Berjaket Hitam Diduga Jadi Provokator

“Dengan adanya kunjungan ini, kami bisa menjelaskan berbagai informasi yang terkait dengan kewartawanan,” ujarnya.

Sementara itu M.Nasir menyebutkan terkait dengan pendidikan wartawan, PWI Pusat di periode kepemimpinan Hendry Ch Bangun menjadikan pendidikan kewartawanan sebagai program prioritas.

Pendidikan non reguler untuk wartawan, dan pendidikan reguler yang sudah diprogramkan dalam Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) juga diselenggarakan oleh PWI. Selain itu juga ada program uji kompetensi untuk wartawan.

“Jumlah wartawan yang memiliki sertifikat kompetensi PWI ini cukup banyak, bahkan hingga tahun ini jumlahnya sudah banyak sekali,” ujar Nasir.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Miftahul Ula, M.Ag., mengungkapkan dalam kunjungan ini diikuti sebanyak 25 mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) serta lima dosen pendamping.

BACA JUGA INI:   Mantan Dirut Pelindo II Ditahan KPK

“Tujuan pertama kami dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Kiai Haji Abdurrahman Wahid silaturohim, kemudian berkaitan KKL dari mahasiswa peminatan jurnalistik. Oleh karena itu kami ke sini ingin mengetahui, fungsi tugas dan peran wartawan serta pengembangan karir bagi para mahasiswa ke depan,” ujarnya. (Ivan/rel)

 

BACA JUGA INI:   Siapkan Lahan Tiga Hektar, di Musi Banyuasin Bakal Bangun Perguruan Tinggi NU