oleh

Lomba Cerdas Cermat Anti-Korupsi

GMPK MUARA ENIM DAN PT BUKIT ASAM TBK BERKOLABORASI ADAKAN LOMBA CERDAS CERMAT DAN VIDEO KREATIF ANTI KORUPSI

Muaraenim, Extranews — Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) tahun 2020, Dewan Pengurus Daerah Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (DPD GMPK) Muara Enim berkolaborasi dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyelenggarakan lomba Cerdas Cermat dan Lomba Video Kreatif anti korupsi. Bertempat di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim, lomba ini digelar dengan diikuti oleh pelajar tingkat SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Muara Enim, Selasa-Rabu, 22-23 Desember 2020.

Lomba yang mengangkat tema “Bersinergi Dalam Mengedukasi Dan Membangun Generasi Milenial Muara Enim Anti Korupsi Menuju Indonesia Tanpa Korupsi ini semula diikuti oleh 39 regu. Sementara yang ikut bertanding sebanyak 28 regu. Dari ke 28 sekolah tersebut keluarlah 9 Finalis yang dipertandingkan pada hari kedua.

Setelah melalui serangkaian tahap penilaian yang dilakukan secara aplikasi maupun oleh dewan juri dari babak penyisihan dan semifinal terpilih 4 pemenang terbaik lomba cerdas cermat yakni juara 1 oleh SMA N 1 Muara Enim, Juara 2 SMA N 2 Muara Enim, Juara 3 oleh SMK N 1 Muara Enim dan Juara 4 oleh SMK Bukit Asam. Sedangkan untuk lomba video kreatif untuk Juara 1 diraih oleh SMA N 1 Lubay, juara 2 diraih oleh SMA N 1 Ujan Mas, juara 3 diraih oleh SMA N 1 Lubay Ulu dan Juara 4 diraih oleh SMA Bukit Asam.

Saat membuka kegiatan, Ketua DPD GMPK Kabupaten Muara Enim, Bagus Syani Kasbie, mengatakan bahwa lomba cerdas cermat dan lomba video kreatif sebagai sarana edukasi, sekaligus ajang kompetisi konstruktif, dengan tetap menerapkan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

Bagus mengatakan, Lomba digelar dengan menggunakan metode berbasis aplikasi internet, baik dalam penentuan tempat dan waktu peserta, juga soal sesi serentak (secara keseluruhan peserta diberikan soal dan langsung menjawabnya di aplikasi yang sudah dibuat oleh panitia), sehingga acara berjalan efektif dan terukur dengan sistem tersebut.

“Alhamdulillah, kegaitan mulai dari babak penyisihan, semifinal dan final sudah selesai. Berdasarkan penilaian baik secara aplikasi maupun oleh Dewan Juri maka terpilihlah 4 regu yang mewakili sekolah. Kami ucapkan selamat kepada pemenang. Dan tetaplah semangat bagi yang belum menang.”ujarnya.

Sementara itu, mewakili Manajemen PTBA, Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat, Iko Gusman, mengucapkan selamat Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) tahun 2020, dan selamat kepada para pemenang lomba, baik lomba cerdas cermat maupun lomba video kreatif serta mengapresiasi atas kegiatan yang melibatkan ratusan pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Muara Enim yang berjalan lancar sesuai agenda.

Dalam memaknai HAKORDIA, Iko Gusman mengajak para peserta dan semua yang hadir untuk mengutamakan integritas. Untuk para pelajar sebagai penerus bangsa harus dimulai menumbuhkan spirit dan jiwa berintegritas, yakni jujur, dan menjadikan kita sebagai pribadi yang bertanggung jawab serta bebas korupsi.
“Kita tentunya berharap kepada seluruh pelajar di Kabupaten Muara Enim, khususnya dalam acara lomba cerdas cermat ini, dapat sedini mungkin menanamkan jiwa integritas, kejujuran dan bebas korupsi. Karena kejujuran adalah hal yang paling penting dan utama,”ucap Iko

“Kami (PTBA) sangat senang dan bangga bisa ikut berperan aktif pada kegiatan ini. Apalagi dalam kegiatan ini, selaian PTBA menjadi sponsor tunggal, PTBA juga ikut dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan dengan menurunkan Rahmat Ramadan dan Putri Ayu Fatmawati sebagai Quiz Master” ucap Iko Gusman.
Penyerahan Hadiah diserahkan secara langsung oleh Manajer Humas, Komunikasi dan Adm Korporat, Iko Gusman bersama Ketua Dewan Juri, Ir. Bagus Syani Kasbie. Penghargaan berupa Trophy, Piagam dan Uang Pembinaan kepada para pemenang lomba Cerdas Cermat dan Video Kreatif.

Turut hadir pada kesempatan ini, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Sartimin, Ketua MKKS SMA, Noermansyah, Ketua MKKS SMK, Misniati, Kepala Sekolah Negeri 2 Muara Enim, Darmadi, Dewan Juri yang terdiri dari Ketua Dewan Juri, Bagus Suami Kasbie didampingi oleh wakil ketua dewan pendidikan Muara Enim , Kadarisman, Kasi Pidsus Kejari Muara Enim, M. Alvindo, Ketua LBH ICMI PERDULI Muara Enim, Gunawan Apriyadi, dan Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Muara Enim, Tata Amrillah. Rel/fk

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya