oleh

Latihan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

-Berita-163 views
Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Siapa yang hobi mendaki gunung? Pasti diantara kalian mendaki adalah aktifitas hobi yang biasa saja, dalam arti kalian tidak benar-benar mempersiapkan pendakian secara professional. Kebanyakan di era saat ini memang mendaki menjadi sebuah hobi yang bisa di lakukan oleh siapa saja, bahkan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang pendakian.
Mereka mengandalkan masing-masing dari mereka sehingga cukup banyak kasus terjadinya kecelakaan dan cidera saat mendaki di beberapa tahun belakangan.
Satu lagi yang kurang perhatian adalah Latihan Fisik Sebelum Mendaki Gunung! Berkali-kali saya ingatkan bagi para pemula maupun yang sudah berkali-kali naik gunung. Latihan fisik adalah wajib untuk dilakukan karena tubuh kita itu unik, memiliki penyesuaian metabolisme berbeda satu sama lain.
Kondisi fisik yang sehat dan bugar menjadi salah satu syarat dalam melakukan olahraga pendakian. Jangan remehkan gunung sama sekali, walaupun gunung tersebut tidak terlalu tinggi. Jadi lakukanlah latihan fisik walaupun kalian sudah berpengalaman, apalagi untuk yang baru mendaki.
Minimal 2 minggu sebelum melakukan pendakian, latihan fisik yang harus dilakukan dengan seksama dan terjadwal. Berikut antara lain fokus latihan fisik kalian yang direkomendasikan sebelum melakukan pendakian gunung.

Posisi Push Up yang Benar
Melatih Kekuatan Tangan
Aktifitas Mendaki Gunung tak hanya menggunakan kekuatan kaki, tapi kekuatan tangan juga sangat penting. Terlebih tangan digunakan untuk menyeimbangkan kaki, merangkak dan memanjat daerah tertentu. Ada beberapa gunung yang medanya sampai harus menggunakan tangan untuk memanjat batu-batu dan akar pohon, oleh karena itu jangan tinggalkan latihan kekuatan tangan.
Olahraga yang paling cocok adalah melakukan pus up. Lakukan rutin setiap hari, lakukan sesuai kemampuan diri kalian masing-masing. Mulailah dari hitungan terendah dan semakin banyak dari hari ke hari.
Melatih Kekuatan Kaki

Inilah bagian tubuh kalian yang harus kalian latih, satu-satunya sahabat kalian dalam mendaki adalah kaki kalian jadi perlakukanlah kaki kalian dengan istimewa. Kaki yang terlatih akan membuat pendakian kalian nyaman, dan tentu pemulihan tubuh kalian akan lebih cepat.
Lakukanlah Joging minimal 2x dalam seminggu dan tingkatkan jarak dan waktu kalian dari hari ke hari.
Lakukan olahraga sepeda, minimal 2x dalam waktu minimal 30 menit bersepeda.
Pak Sandi Berenang
Melatih Pernafasan

Paru-paru kalian harus dalam kondisi prima, kadar oksigen yang tipis mengharuskan paru-paru kalian berfungsi extra prima. Kekurangan oksigen akan menumpuk asam laktat dalam otot kalian, jika sudah terakumulasi maka akan terjadi Cidera Otot (Keram Kaki).
Olahraga yang paling cocok adalah berenang, minimal 2x seminggu. Berenang sangat baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, ini sangat direkomendasikan untuk kalian sebelum mendaki
Melatih Punggung dan Pundak

Tentu mendaki tidak cukup hanya beberapa jam, kalian membutuhkan minimal setengah hari dan tentu kalian akan membawa carrier kalian selama berjam-jam. Punggung dan Pundak yang kuat tentu harus kalian miliki, agar kalian bisa tetap membawa carrier kalian yang menjadi sumber kehidupan kalian saat mendaki gunung.
Olahraga yang paling baik adalah melakukan backup dan mengangkat dumber rutin setiap hari.
Situp juga direkomendasikan untuk dilakukan, karena ini juga menjaga otot perut dan punggung.
Itulah kira-kira tips latihan fisik yang bisa kalian lakukan, semoga bermanfaat. SafetHiking ya teman-teman.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya