Lagi, ada 2 Desa di Muara Enim Raih Proklim Nasional

Lagi, ada 2 Desa di Muara Enim Raih Proklim Nasional
Menteri KLHK Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc, kepada Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaluddin SE mewakili Bupati Muara Enim di Ruang Rapat Bupati Muara Enim.

Muara Enim,  ExtraNews – Kabupaten Muara Enim kembali melanjutkan tradisi meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) RI ditahun 2021.

Setelah ditahun lalu diraih oleh Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU). Kini giliran Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Semende Darat Ulu dan Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim meraih penghargaan Proklim Utama 2021.

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen menjaga dan merawat lingkungan demi ketahanan terhadap dampak perubahan iklim. Tak hanya itu, tahun ini-pun Pemkab Muara Enim kembali berhasil meraih Pembina Proklim Tingkat Nasional 2021.

Adapun Piala dan sertifikat tersebut diserahkan secara virtual oleh Menteri KLHK, Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc, kepada Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaluddin SE., mewakili Bupati Muara Enim, di Ruang Rapat Bupati Muara Enim, Selasa (19/10/2021).

BACA JUGA INI:   Muaraenim Targetkan Naikkan IPP

Staf Ahli Bupati yang didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim, Ir Kurmin mengapresiasi atas usaha maupun kerja keras semua pihak, khususnya kepala desa beserta masyarakat Desa Tanjung Tiga dan Tanjung Raja yang turut dibina oleh PT Bukit Asam sehingga mampu penghargaan pada Festival Iklim 2021.

“Kita berharap penghargaan Proklim menjadi motivasi dan semangat bagi seluruh masyarakat ataupun desa di Kabupaten Muara Enim dalam upaya pencegahan pemanasan global dan emisi gas rumah kaca,”kata Amrullah.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Pelaksana Festival Iklim 2021 Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK RI Ir Laksmi Dhewanthi MA IPU, menyampaikan bpenghargaan ini ditujukan sebagai apresiasi kepada desa dan kelurahan yang telah berperan aktif.

BACA JUGA INI:   Kabupaten Muba Tekan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Khususnya dalam meningkatkan ketahanan iklim serta menurunkan emisi gas rumah kaca. KLHK RI juga memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan juga elemen pendukung lainnya. Salah satu penghargaan tersebut juga diterima PT. Bukit Asam Tbk dengan kategori Penerima Piagam Apresiasi Pendukung Proklim 2021.NH

BACA JUGA INI:   Pemprov Sumsel Serius Antisipasi Dampak Perubahan Iklim