Pasang Iklan Murah Meriah

KPU Provinsi Sumsel Akui Sirekap dan Banyak Salah Input Sangat Rugikan Suara Anies-Muhaimin

KPU Provinsi Sumsel Akui Sirekap dan Banyak Salah Input Sangat Rugikan Suara Anies-Muhaimin
Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya

JAKARTA, ExtraNews – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya mengatakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU yang sempat tidak berfungsi selama rekapitulasi berlangsung di jajaran provinsi hingga kabupaten/kota telah merugikan perolehan suara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024.

“Alat bantu Sirekap dari KPU tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan banyak terjadi kesalahan input serta jumlah hasil suara yang sangat merugikan paslon nomor urut 1 (Anies-Muhaimin),” kata Andika di Kantor KPU RI, Jakarta, sebagaimana dilansir laman inilah.com, Senin (11/3/2024).

Adapun permasalahan terkait dengan Sirekap, menurut dia, merupakan satu di antara beberapa catatan khusus yang disampaikan oleh pihak KPU Provinsi Sumsel saat memulai rekapitulasi suara nasional.

BACA JUGA INI:   Real Count Internal Buktikan Suara Prabowo Tidak Mencapai 50 persen, Timnas AMIN Yakin Maju Putaran Dua!

Selain itu, Andika menyampaikan catatan lainnya mengenai keberatan saksi Anies-Muhaimin untuk Provinsi Sumatera Selatan yang tidak bersedia menandatangani berita acara dan D Hasil Provinsi Sumsel.

Pasalnya, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melanggar batas usia minimal pendaftaran cawapres.

Ada juga keberatan dari tim pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Mereka mengatakan Pilpres 2024 telah mencederai sistem demokrasi yang telah dibangun selama ini.
Mereka keberatan terhadap seluruh proses pemilu yang diduga penuh rekayasa hukum, keterlibatan aparat, penyalahgunaan bansos, intimidasi, hingga money politic yang menjadikan pemilu tidak demokratis.

“Selanjutnya, keberatan terhadap penyelenggaraan pemilu yang tidak profesional, tidak akuntabel, serta secara kolektif melakukan pelanggaran,” ujarnya.

BACA JUGA INI:   Presiden RI Terpilih 2024 Diramal Bakal Perang Saudara dan Hanya Sebentar Duduki Jabatan

Hingga saat ini rekapitulasi suara di Sumatera Selatan untuk DPRD masih berlangsung. Sementara itu, rekapitulasi suara penghitungan pilpres telah rampung.

Perolehan suara Anies-Muhaimin sebanyak 997.299 suara, pasangan Prabowo-Gibran sebanyak 3.649.651 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud 606.681 suara. (*)

BACA JUGA INI:   Ungkit Janji Jokowi Harga Migor Turun dalam 2 Pekan, Roy Suryo: Satu Kata Saja: Gagal! Ambyar!