Punya Fungsi Penting, Ini Ciri-Ciri Kampas Ganda Matic Aus dan Penyebabnya
ExtraNews – Kampas ganda pada sepeda motor matic berfungsi seperti kampas kopling pada motor bebek atau sport. Kampas ganda sering kali cepat aus sebelum waktunya.
Pada motor matic, ada banyak fungsi dari kampas ganda. Fungsi tersebut adalah sebagai berikut :
1. Membuat Motor Bergerak
Kampas ganda berfungsi menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang secara sentrifugal. Ini berfungsi seperti kampas kopling pada motor bebek yang menyalurkan tenaga agar motor bisa bergerak.
2. Tentukan Akselerasi
Fungsi lainnya adalah menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara. Ketika kampas ganda aus, mesin hanya meraung tanpa mengeluarkan tenaga saat RPM tinggi, maka gaya sentrifugal pada kampas ganda akan menekan rumah kopling semakin tinggi. Selanjutnya, motor matic berakselerasi menyalurkan tenaga dari putaran mesin.
3. Kontrol Transmisi
Kampas ganda motor matic juga meningkatkan kontrol saat melakukan perpindahan gigi sekaligus mengamankan transmisi dari kerusakan akibat perpindahan yang tidak tepat.
Nah, saat kampas ganda aus, ada pertandanya. Karena pentingnya fungsi kampas ganda, harus diketahui kapan harus diganti. Berikut ciri-ciri kampas ganda sudah aus dan harus diganti, sebagaimana dilansir dari laman Wahana Honda:
1. Tarikan Terasa Berat
Kampas ganda yang mulai aus membuat tarikan motor terasa berat ketika membawa beban. Ini membuat akselerasi atau tarikan motor lemah. Kampas ganda motor matic yang normal hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan 120 km/jam.
2. Gas Terasa Brebet
Jika gas terasa brebet, bisa jadi kampas ganda motor kamu sudah mulai aus. Saat motor digeber, kampas ganda yang aus membuat tuas dan RPM tidak sinkron, sehingga terdengar suara yang berat, tidak sesuai dengan tarikan tuas gas.
3. Kopling Sering Selip
Kampas ganda yang bermasalah membuat kopling sering terselip, terutama ketika motor digeber atau saat naik tanjakan curam. Namun, pada kondisi lain, ini mungkin juga terjadi karena oli mesin yang lama tidak diganti, sehingga menjadi cepat aus.
4. RPM Tiba-tiba Semakin Tinggi
Jika RPM tiba-tiba tinggi namun akselerasi lemah, mungkin terjadi akibat kampas ganda yang licin. Sebagai contoh, kecepatan 50 km/jam idealnya membutuhkan putaran 5.000 RPM. Namun, jika kampas mulai aus, putaran mesin membutuhkan 8.000 RPM.
5. Kick Starter Loss
Saat memanaskan motor matic, lebih baik memakai kick starter daripada tombol starter elektrik untuk menjaga performa kelistrikan. Jika kamu menginjak kick starter, tetapi terasa loss, maka kemungkinan kampas motor matic yang mulai aus.
Lalu, apa yang menyebabkan kampas ganda cepat aus. Berikut penjabarannya :
1. Sering Lewati Jalan Menanjak
Ketika motor matic sering melintasi jalanan menanjak atau turunan, maka kampas akan cepat aus. Saat menanjak, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, akibatnya kampas jadi termakan setengah.
2. Sering Bawa Beban Berat
Ini juga bisa terjadi karena motor kamu sering digunakan untuk membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan. Ini membuat v-belt semakin berat, sehingga menyebabkan kampas aus dan v-belt cepat retak.
3. Sering Macet-macetan
Sering menahan gas saat motor berhenti pun menyebabkan kampas ganda cepat aus karena kampas bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak. Ini terjadi misalnya saat berkendara di kemacetan. Maka lebih baik kamu mengerem jika harus berhenti di jalan miring. (*)