Kabupaten Muba Terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

IMG 20231122 WA0045

 

PALEMBANG, ExtraNews – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali mendapatkan penghargaan bergengsi di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada bidang kesehatan, yakni Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat (KKS) Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi, pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dengan Tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, bertempat di RSUD Siti Fatimah Palembang, Rabu (22/11/2023).

Asna juga memberikan penghargaan tersebut kepada masyarakat Kabupaten Muba dan Kepada semua OPD terkait, seluruh kecamatan dan Kelurahan/Desa yang sudah memberikan dorongan melalui program kegiatannya sehingga Kabupaten Muba mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda.

BACA JUGA INI:   Persiapan Porwarnas dan Gelar UKW, PWI Muba Temui Pj Bupati 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pengurus Forum Kabupaten Musi Banyuasin Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat serta Pokja Kelurahan/Desa Sehat serta dukungan Tim Pembina Kabupaten Musi Banyuasin Sehat yang telah berperan aktif dalam setiap tatanan kabupaten sehat sehingga Pemerintah Kabupaten Muba mendapatkan penghargaan ini,” tandasnya.

Sementara itu Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan bahwa Swasti Saba Wiwerda yang diterima Kabupaten Muba pada tahun ini mendapatkan kenaikan peringkat dari tahun sebelumnya Swasti Saba Padapa pada tahun 2019.

“Alhamdullilah kita patut bersyukur atas keberhasilan meraih penghargaan ini Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda di tingkat Provinsi Sumsel. Program yang di dukung sejumlah OPD terkait di Kabupaten Muba dengan leading sektor Dinas Kesehatan dan Bappeda,” ujarnya.

BACA JUGA INI:   Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Tinjau Fasilitas Olahraga di JSC Palembang

Apriyadi juga mengatakan, pengembangan program Kabupaten Muba sehat mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan sinergi pembangunan bidang kesehatan, sehingga tercipta peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya yang potensial membentuk kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk membangun paradigma hidup bersih, sehat dan berkualitas guna meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS menyebutkan, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Muba yang optimal, tidak hanya dilakukan pemangku kepentingan di bidang kesehatan saja, tetapi diperlukan partisipasi dan dukungan dari berbagai sektor di luar stakeholder kesehatan dan peran serta aktif masyarakat, sehingga diharapkan dapat bersinergi dan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. (Rief)

BACA JUGA INI:   Pamerkan Pernak Pernik Karya Emak-emak Hingga Kuliner Khas Muba