oleh

Jangan Sampai Telat, Ini Jadwal Waktu Yang Tepat Untuk Servis Motor mu

ExtraNews – Sepeda motor merupakan menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia saat ini. Bahkan, dari tahun ke tahun jumlah pengendara motor di jalanan Indonesia pun semakin meningkat.

Salah satu alasan sepeda motor menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk dijadikan transportasi utama adalah lebih lincah dan bisa digunakan untuk menembus gang-gang sempit untuk menuju tempat tujuan. Apalagi di kota besar seperti Jakarta yang memiliki tingkat kemacetan yang sangat luar biasa.

Sepeda motor pun tak jarang digunakan hampir setiap hari oleh kebanyakan orang. Mereka menggunakannya untuk pulang pergi kuliah maupun ke tempat kerja. Kondisi ini membuat sepeda motor bekerja cukup keras.

Kinerja yang terus menerus akan membuat mesin motor perlu perhatian khusus karena adanya sisa-sisa pembakaran hasil kinerja mesin. Kondisi ini membutuhkan perawatan khusus berupa servis.

Berita Terkait!:   Rehab Aladin TMMD Bojonegoro Aman Dan Nyaman, Surati Segera Tempati Rumah Barunya

Servis secara berkala akan memberikan hasil yang maksimal, namun kelupaan servis karena sibuknya pekerjaan juga akan menurunkan performa motor kamu. Tak jarang pula, banyak orang tak tahu kalau ada waktu-waktu yang tepat untuk kamu melakukan servis terhadap motormu.

Kapan saja waktu itu? Artikel ini akan membahas selengkapnya untuk kamu.

1. Berpatokan pada Speedometer

Kamu bisa melakukan servis terhadap sepeda motor kamu dengan berpatokan pada angka yang ada di speedometer. Angka yang ada pada speedometer ini menunjukkan sudah berapa jauh jarak yang ditempuh oleh sepeda motormu. Jarak ini juga bisa menunjukkan sejauh apa mesin motor kamu sudah bekerja.

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan servis terhadap motor kamu tiap interval 2000-3000 km di speedometer kendaraanmu. Jangan lupa juga untuk mengganti oli motor kamu agar performa mesinnya semakin baik dan optimal setelah diservis.

Berita Terkait!:   Huy Ladies!, Suka Naik Motor? Hati-ati Posisi Duduk mu, Jangan Begini...!

2. Rutinlah bawa motormu servis ke bengkel

Selain menggunakan patokan angka pada speedometer, kamu juga bisa melakukan servis terhadap motor kamu dengan berpatokan pada bulan terakhir kamu servis. Biasanya, servis bisa kamu lakukan setiap 2-3 bulan sekali dalam setahun.

Agar kamu tidak lupa, kamu bisa membuat catatan kecil pada kalendermu untuk mengingatkan kamu melakukan servis pada motor kamu. Jangan sampai terlewat bulannya ya, agar seluruh komponen yang ada di dalamnya tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

3. Segera servis motor ketika terdapat masalah

Waktu yang tepat untuk melakukan servis yang terakhir adalah ketika sepeda motor kamu bermasalah. Kamu sangat disarankan untuk segera melakukan servis jika kamu menemukan ada yang tidak beres dengan motor kamu, entah itu busi, karburator, filter, atau komponen selainnya.

Berita Terkait!:   Bersama Kabid Perikanan, Anggota Satgas TMMD Bojonegoro Melepaskan Benih Ikan

Keterlambatan penanganan komponen yang rusak bisa berakibat fatal pada komponen yang lain. Hal ini dikarenakan antarkomponen dalam sepeda motor terhubung satu sama lain. Kalau tidak segera kamu servis bisa-bisa menambah pengeluaran karena harus turun mesin.

Jadi, jangan ragu ya untuk langsung servis jika memang ada yang tidak beres dengan motor kamu.

Itu tadi sedikit tips buat kamu tentang waktu yang cocok dan tepat untuk melakukan servis terhadap sepeda motormu. Apakah ingin berpatokan pada angka di speedometer atau dengan melakukannya rutin setiap beberapa bulan sekali, semua keputusan ada di tanganmu.

Tetaapi yang pasti, jika ada yang tidak beres dengan motor kamu, segera servis ya agar tidak membuat komponen lainnya ikut rusak hanya karena satu komponen lain yang tidak beres. [red*].

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya