Pasang Iklan Murah Meriah

IMM Sumsel Gelar Rakorda Pemantau Pemilu dan Sekolah Politik di Muba

IMM Sumsel Gelar Rakorda Pemantau Pemilu dan Sekolah Politik di Muba

Pemkab Muba Hadiri Pelantikan Korps Instruktur, Korps Mubaligh dan Departemen Medkom DPD IMM Sumsel

 

MUBA-SUMSEL, ExtraNews – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menghadiri acara pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), Rapat Koordinasi Pemantau Pemilu dan Grand Design Pendidikan Kader Sosio-Politik Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan tema, “Rekrontuksi Gerakan Organisasi untuk Progresivitas Ikatan yang Berkemajuan dan Berkualitas”.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan Korps Instruktur, Korps Mubaligh dan Departemen Medkom Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sumsel (DPD IMM) Provinsi Sumsel, berlangsung di Auditorium Pemkab Muba, Jumat (10/2/2023).

Pj Bupati Muba H Apriyari diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH menyampaikan, atas nama Pemkab Muba menyambut baik dan ucapan terima kasih, serta penghargaan kepada semua jajaran Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Provinsi Sumatera Selatan dan panitia penyelenggara yang telah dapat melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan rapat kordinasi daerah yang diadakan adalah sangat penting dan menentukan, karena paling tidak dalam rapat koordinasi ini akan dibahas berbagai permasalahan yang telah dan akan dihadapi selanjutnya serta bagaimana pemecahannya. Melalui rapat koordinasi daerah DPD IMM ini pula, diharapkan akan menghasilkan rumusan – rumusan untuk masa yang akan datang,”pungkas Yudi.

Lanjutnya, “saya juga berharap melalui rakorda dan sekolah politik lainnya dapat memberikan sumbang saran yang bisa berdampak positif untuk masyarakat. Kita tekankan sinergi yang berkontribusi positif untuk kemaslahatan masyarakat,”ujar Yudi.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IMM Sumsel, IMMawan Robiyatul Maulana mengatakan dalam sambutannya DPD IMM Sumsel dengan penuh semangat dan ikhtiar semua pengurus BPH DPD IMM Sumsel akan selalu menekankan yang harus jadi pioritas utama adalah pengkaderan baik pengkaderan Utama dan Pengkaderan khusus atau fungsional. Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Muba atas dukungan, sehingga kegiatan DPD IMM Sumsel yang diselenggarakan di Kabupaten Muba dapat terlaksana.

“Sebagai sebuah organisasi Islam, IMM tidak akan terlepas dari nilai-nilai religi/keagamaan yang bersumber dari nilai-nilai islam dengan penerapannya dalam gerakan dakwah amar ma’ruf dan nahi mungkar serta mu’amalah kader-kader IMM, ini memberikan indikasi bahwa IMM harus menyiapkan kader-kader khusus serta siap bergerak dibidang tersebut. Selain sebagai dasar bagi pergerakan spiritual dan intelektual, IMM harus mampu menafsirkan teks-teks keagamaan menuju konteks gerakan kemanusiaan sesuai dengan spirit “dari narasi menuju aksi,” ungkap IMMawan Robi.

Robi juga menuturkan bahwa IMM memiliki peran penting untuk fokus dalam mengkaji dan merumuskan gerakan dakwah spiritual IMM tersebut. Gerakan dakwah spiritual IMM diarahkan pada dakwah islam yang mengintegritas antara perkembangan keilmuan melalui kajian keislaman dan gerakan praksis atas kelahiran produk ijtihad melalui ketablighan.

Untuk mewujudkan wacana tersebut, IMM perlu membentuk wadah yang memiliki fokus dalam mengkaji dan merumuskan metode guna menyelesaikan persoalan-persoalan keummatan, dalam hal ini adalah mubaligh, media dan komunikasi, berangkat dari semangat intelektualisme, pengkajian gerakan dakwah IMM dan isu sosial kemasyarakatan.

“DPD IMM dalam hal ini sangat mensupport dan mengapresiasi terlaksananya kegiatan Rakorda Pemantau Pemilu dan Sekolah Politik di Muba ini, serta pelantikan korps instruktur, mubaligh dan Departemen Medom ini, karna mengigat pertemuan seperti ini adalah pintu utamanya lahir nya kader kader yang mampu mensyiarkan dakwah muhammadiyah pada pemuda-pemudi,” tutupnya.

Acara turut dihadiri perwakilan Forkopimda Kabupaten Muba, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr Mukhtarudin Muksiri MP, Bendahara Umum PWM Sumsel Ayat Parsa SE MSi, serta Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Muba. [rel]

BACA JUGA INI:   SMB IV Akan Jadi Keynote Speaker Dipengukuhan PC IMM UIN RF  Palembang