oleh

Ikan Bandeng Kuah Asam Pedas yang Lezat, Kaya Bumbu dan Enak

Bahan Utama Ikan:
400 gram ikan bandeng
300 ml air
2 buah cabai hijau besar
5 buah belimbing wuluh

Bumbu halus:
10 buah asam sunti
10 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
1 sendok teh kunyit giling
1 sendok makan cabai merah giling

Bahan dan Bumbu Untuk Menumis:
3 butir bawang merah
1 sendok teh lada halus
20 lembar daun salam koja
2 sendok makan minyak goreng

Cara Mengolah Ikan Bandeng Sebelum Dimasak:
Cara pertama, penting sekali ujntuk kita terlebih dahulu membersihkan ikan bandeng yang sudah dipersiapkan. Selain untuk menghilangkan kotoran, ada pula beberapa bagian pada ikan bandeng yang tidak bisa kita gunakan, untuk itu, bagian itu harus kita buang dan bersihkan. Nah, bagian tersebut adalah bagian insang ikan, sisik ikan dan juga jeroan ikan. Dan yang pertama akan kita bersihkan adalah bagian insang dikepala ikan. Cara untuk membersihkan bagian ini bisa dilakukan dengan membuka bagian kepala ikan dan bersihkan insang ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih.
Setelah bagian insang ikan dibersihkan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian sisik ikan. Caranya, kerik sisik ikan dengan menggunakan sendok atau dengan menggunakan pisau secara merata hingga sisik ikan bisa dibersihkan keseluruhan.
Setelah selesai membersihkan sisik ikan, kemudian akan kita bersihkan bagian jeroan ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan tangan hingga dipastikan tidak ada bagian jeroan ikan yang masih tersisa dibagain dalamnya. Setelah itu, bersihkan pula perut ikan dengan air bersih.
Lalu bersihkan ikan dan potong-potong ikan dengan ukuran yang anda inginkan. Akan tetapi sebaiknya anda tidak memotong ikan bandeng dengan ukuran yang terlalu kecil agar ikan lebih mudah dimasak.
Selanjutnya, lumuri ikan dengan bahan yang telah dihaluskan dan dicampur dengan belimbing wuluh yang telah dipotong-potong secara merata. Setelah itu, diamkan sementara sebelum kita masak ikan bandeng dengan bumbu lain.

Cara Membuat :
Pertama, kita akan panaskan minyak diatas wajan dan masukkan bahan dan bumbu tumisan. Lalu tumis bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma harum yang sedap dan nikmat.
Setelah tumisan harum, masukkan ikan bandeng yang sudah dipotong-potong kedalamnya dan aduk-aduk hingga bumbu tumisan tercampur dengan ikan.
Setelah itu, masak kembali hingga ikan bandeng berubah warna, Ketika ikan bandeng mulai berubah warna, anda bisa menuangkan air kedalamnya lalu masak ikan dengan api kecil hingga bumbu meresap kedalam ikan hingga matang.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya