oleh

Ikan Bandeng Goreng Telur yang Renyah, Gurih, Crispy dan Kering

Bahan Utama Ikan Bandeng:
1 ekor ikan bandeng ukuran sedang
1 sdm air jeruk nipis
Secukupnya taburan garam
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
1 cm jahe
2 siung bawang putih
2 butir bawang merah
3 sdt kecap asin

Bahan Balutan Telur:
2 butir telur, kocok lepas
5 sdm air es
Garam secukupnya
2 sdm tepung sagu
Merica secukupnya

Bahan Sambal :
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
7 butir cabai rawit
1 butir cabai merah besar
1/2 sdt terasi
1 buah tomat
1/2 bagian jeruk nipis

Cara Membuat :
Cara Membersihkan Ikan Bandeng Segar:
Pertama, penting sekali untuk anda memiliki ikan bandeng segar. Untuk memilih ikan bandeng dengan kualitas yang baik dan masih segar bisa dilihat dari kondisi mata ikan. Selain ikan masih hidup, kondisi lain bisa dilihat dari kesegaran mata ikan. Jika mata ika terlihat biru atau pias, maka sebaiknya ikan jenis ini tidak anda pilih.
Setelah anda mendapatkan ikan bandeng dengan kualitas yang baik, silahkan bawa ikan ke tempat cucian dan cuci bersih ikan dengan air dengan dibersihkan bagian lendirnya secara merata.
Kemudian buang bagian insang dikepala ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dan bersihkan insang ikan dari kepalanya dengan menggunakan tangan.
Setelah itu, kita akan membersihkan bagian sisik ikan. Untuk melakukan ini anda bisa menggunakan pisau dapur untuk mengerik bagian sisik ikan dan bersihkan ikan dengan menggunakan pisau tersebut hingga bersih secara merata.
Lanjutkan dengan membersihkan bagian jeroan ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan hingga dipastikan tidak ada bagian yang tersisa dibagian dalamnya.
Setelah semua bagian ikan dibersihkan secara merata, selanjutnya silahkan kerat-kerat bagian tubuh ikan secara merata dengan menggunakan pisau agar bumbu yang diracik bersama ikan bisa meresap kedalam ikan secara merata.
Sebelum ikan dimasak, silahkan lumuri ikan terlebih dahulu dengan taburan garam dan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau pada ikan dan diamkan sementara.

Cara membuat :
Setelah direndam dengan bumbu diatas, silahkan basuh atau bilas kembali ikan dengan air untuk menghilangkan kelebihan garamnya.
Lalu lumuri ikan dengan bumbu halus yang sudah anda buat. Kemudian sirami ikan dengan kecap asin secara merata. Setelah itu, diamkan ikan kembali selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap kedalamnya.
Setelah selesai, siapkan wajan dan berikan minyak tunggu hingga minyak panas secara merata.
Selagi menunggu minyak, silahkan kocok kembali telur dengan campurkan bumbu, tepung sagu dan air es hingga lepas.
Silahkan goreng ikan terlebih dahulu ikan ikan matang dan kering secara merata.
Untuk membuat ikan bandeng goreng telur, masukkan kocokan telur dalam minyak panas biarkan telur naik ke permukaan miyak dan letakkan ikan dibagian atasnya. Lipat goreng telur dengan spatula dan posisikan agar telur membungkus ikan bandeng secara merata dan goreng hingga crispy. Angkat ikan jika sudah matang.
Untuk membuat sambalnya anda bisa mengaluskan semua bahan dan menggorengnya hingga harum.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya