oleh

Giliran UIN Raden Fatah Jalin Kerja Sama dengan PWI Sumsel

Giliran UIN Raden Fatah Jalin Kerja Sama dengand PWI Sumsel

Palembang, Extranews — Setelah sebelumnya beberapa perguruan tinggi dan perusahaan swasta menjalin kerja sama dengan dengan organisasi wartawan terbesar di Indonesia Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melalui PWI Provinsi Sumsel. Kamis, 28 Januari 2021, bertempat di Aula Kantor PWI Sumsel, Fakuktas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang menandatangani kerja sama MoA dengan PWI Sumsel. Sebelumnya di antara perguruan Tunggi melakukan kerja sama yaitu Stisipol Candradimuka dan beberapa perusahaan swasta di antaranya PTBA Tanjung enim. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatra Selatan (Sumsel). Demikian dikatakan Dekan Fakultas Dakwah Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Dr Achmad Syarifudin MA saat kunjungan ke sekretariat PWI Sumsel.

Penandatanganan MoA antara Prodi Jurnalistik dan Fakuktas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, di kantor PWI Sumsel, Kamis 28 Januari 2021.

Berdasarkan naskah kerjasama Nomor N.114/Un.09/V.2/PP.009/01/2021 dan Nomor: 20/PWI-SS/I/2021, Syarifudin mengatakan kerjasama itu bergerak di bidang pendidikan, penelitian, pemagangan dan akreditasi.

Kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian yang meliputi kegiatan proses belajar mengajar, penelitian dosen dan mahasiswa, pemagangan dan penyelesaian atau pengembangan kurikulum program studi berbasis KKNI.

“Sesuai dengan tridarma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Terkait pendidikan dan pengajaran, ini kan tidak hanya sebatas materi. Artinya, jika mereka (mahasiswa) ini terbiasa berada di lapangan maka mereka akan mapan, misalnya dengan magang,” ujar Syarifudin.

Dekan Fakultas Dakwah Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, dalam penguatan kapasitas bagi para mahasiswa dan dosen, misalnya saat kegiatan seminar/kuliah umum/workshop/lokakarya dan sejenisnya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Palembang , narasumber berasal dari Pengurus PWI Sumsel.

“Dengan MoA ini, mudah-mudahan kerjasama bisa segera terwujud, misalnya acara berlangsung 2-3 jam, dan tentu saja ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa,” ujarnya.

Dirinya mengatakan bahwa kerjasama antara UIN dan PWI Sumsel ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang sekaligus mempersiapkan lulusan yang bermutu, profesional dan mampu berjejaring dengan dunia kerja.

“Terkait dengan penelitian, di Semester VII mendekati final, mereka akan mencari di mana objek penelitian. Sebelum melakukan penelitian, biasanya mereka (mahasiswa) ini melakukan magang,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumatera Selatan, Firdaus Komar didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Anwar Sy Rasuan menyambut baik sinergitas antara PWI Sumsel dan Fakultas Dakwah Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen PWI Sumsel. Dan sesuai dengan PD PRT PWI, sinergitas antara PWI SUmsel dan UIN Raden Fatah Palembang ini salah satu sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya. Fk

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya