oleh

Gibran Hadiri HPN di Solo

Putra Sulung Jokowi, Gibran Hadiri Puncak HPN, Ajak Pers Sebarkan Virus Optimisme di Era Pandemi

Solo, Extranews —- Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Wali Kota Solo terpilih turut menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, Selasa (9/2/2021) di Aula Monumen Pers Nasional.
Putra sulung Presiden Joko Widodo ini hadir sekitar pukul 09.30 WIB mengenakan baju batik lengan panjang warna coklat. Gibran turut menonton pidato Presiden Jokowi dari Istana Negara Jakarta dan disampaikan secara virtual untuk bisa diikuti dari seluruh tanah air. Gibran bergabung bersama para wartawan di Surakarta bertempat di Aula Monumen Pers Nasional, kawasan Timuran, Solo.
Gibran juga antusias menyimak materi pidato yang disampaikan Presiden Jokowi, termasuk sambutan dari Ketua Umum PWI Atal S Depari yang juga sempat menyapa PWI Surakarta dari Istana Negara.
Dalam kesempatan ber-ramah tamah dengan insan pers tersebut, Gibra mengucapkan selamat Hari Pers dan mengajak kalangan wartawan atau media untuk terus menggaungkan dan menyebarkan virus-virus optimisme.
“Selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh insan pers di seluruh Indonesia. Peran temen-temen wartawan sangat luar biasa. Saya juga terus mengajak kepada temen-temen wartawan atau pers untuk selalu menyebarkan dan menggaungkan virus-virus optimisme di masyarakat,” kata Gibran.
Apalagi, lanjut Gibran, di tengah pandemi Covid-19 ini, sangat dibutuhkan semangat dan optimisme di kalangan masyarakat. Maka pers harus mengambil peran di dalamnya, yakni penyebar optimisme tersebut.
“Saya juga titip satu pesan ayo terus berperan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa melalui berita yang objektif, berimbang dan paling penting berita-berita yang menyebarkan virus- virus optimisme,” kata suami dari Selvi Ananda ini.
Di saat masyarakat dilanda kegalauan akibat pandemi Covid-19, lanjut dia, pelaku pers harus dapat menjadi penjernih dan memberikan informasi positif di berbagai lapisan masyarakat.
“Di tengah situasi pandemi seperti saat ini makan yang perlu digenjot adalah optimismenya masyarakat. Termasuk menggenjot pemulihan ekonomi. Kalau mau ekonominya pulih warga Solo harus sehat semua. Kalau pengin sehat semua progran vaksinasi harus kita sukseskan,” terang dia.
Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul menyatakan bahwa harapan yang disampaikan Gibran tersebut sudah sesuai dengan semangat yang dibangun dalam tema HPN 2021 kali ini, yakni bangkit dari pandemi dan pers yang diharapkan menjadi akselerator perubahan.
“Pers sekarang punya tugas yang tidak ringan untuk turut berjuang bersama seluruh elemen masyarakat keluar dari pandemi. Pers memerankan fungsinya mengedukasi dan memberikan inspirasi masyarakat mengatasi covid-19 dengan produk-produk karya jurnalistiknya,” ungkapnya.
Tak hanya itu pers juga mengambil peran karikatif dalam masa pandemi ini dengan turut menggalang bantuan bagi korban bencana dan wabah yang sedang melanda tanah air. “Dan masih banyak peran-peran lain di luar urusan produk jurnalistik. Ini semua menunjukkan pers punya peran aktif dalam mengatasi persoalan bangsa,” katanya.
Kepala Monumen Pers Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Widodo Hastjaryo juga sepakat pers berpartisipasi menyebarkan pesan positif di tengah pandemi Covid-19. “Kita berharap wartawan harus berpartisipasi secara aktif dalam menyebarkan pesan optimisme di berbagai lapisan masyarakat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata dia.
Usai mendengarkan pidato Presiden Jokowi, Gibran juga mengikuti rangkaian acara resepsi HPN yang digelar PWI Surakarta. Sebelum berpamitan pulang, Gibran menyempatkan waktunya untuk berkeliling setiap ruangan Monumen Pers Nasional yang didirikan pada tahun 1978 untuk menikmati koleksi-koleksi sejarah perjalanan pers di Indonesia. Tak ketinggalan Gibran juga mengunjungi sekretariat PWI yang berada dalam satu kompleks Monumen Pers Nasional. rel/fk

Bagus DiBaca Juga:   Sosialisasi Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Se Kabupaten Batang Bersama Dandim 0736/Batang

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya