Pasang Iklan Murah Meriah
TNI  

Dorong Industri Rumahan, Satgas TMMD Bojonegoro Bantu Iris Porang

WhatsApp Image 2021 03 18 at 09.04.59

Bojonegoro – Iles-iles atau porang adalah tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan, Tanaman ini mempunyai nama latin Amorphopallus oncophyllus. Orang kerap menyebutnya bunga bangkai jawa, porang, suweg atau iles-iles. Sebelumnya, tanaman berumbi ini dianggap sebagai tanaman tak layak jual.

Dengan lakunya tanaman iles-iles ini juga dimanfaatkan warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo yang menjadi pengepul Iles-iles. Dan saat melakukan proses pengiriman didampingi oleh Satgas TMMD ke-110, Kopda Puntiono.

Dari keterangan Kopda Puntiono, bahwa menurut Ibu Sulatri salah satu pengepul Iles Iles menyampaikan bahwa, kebutuhan iles-iles makin banyak lantaran kegunaannya cukup beragam.

“Tanaman ini digunakan sebagai bahan pengikat pembuatan tablet obat dan zat pengental dalam pembuatan sirup dan sari buah,” kata Kopda Puntiono..

BACA JUGA INI:   TMMD: Semangat Itu Terus Dikobarkan Hingga Hari Penutupan

Iles-iles juga menjadi bahan makanan sehat, setelah diolah menjadi jeli seperti konyaku.Tak heran, dalam dua tahun terakhir ini, permintaan iles-iles terus meningkat, baik dari dalam maupun luar negeri. Sayang, saat ini pasokan iles-iles belum bisa mengimbangi permintaan. (Pendim 0813)

BACA JUGA INI:   Ketangkasan dan Keterampilan Satgas TMMD buat Warga Takjub